ARKIFM BERITA NASIONAL NEWS

Pakar: Situs KPU Diretas dengan Sistem Zombie

Radio Arki, SEMARANG — Ketua Lembaga Riset Keamanan Siber dan Komunikasi atau Communication and Information System Security Research Centre (CISSReC) Pratama menjelaskan, serangan yang hampir membuat down server KPU tersebut kemungkinan besar adalah serangan dengan menggunakan DDoS (Distributed Denial of Service).

Sebuah metode serangan dengan menggunakan ribuan bahkan jutaan zombie system yang mengirimkan paket data secara berulang-ulang sehingga sumber daya komputer atau sistem yang diserang tidak berfungsi.

“Saat server down, praktis sebenarnya tidak ada yang bisa mengubah data, kecuali mempunyai akses fisik langsung terhadap server,” ujarnya.

Pratama menerangkan bahwa saat menggunakan TOR browser, situs web KPU masih bisa dapat diakses. TOR browser ini bisanya digunakan oleh peretas untuk menyamarkan dirinya di internet. Hal ini membuktikan bahwa tidak ada filtering terhadap siapa saja untuk mengakses dan menyerang KPU.

“Seharusnya KPU dari awal mem-block IP yang berpotensi digunakan oleh peretas untuk mengakses KPU,” katanya.

Menurut dia, seyogianya KPU sudah melakukan block terhadap tor-exit node yang terdapat dalam https://check.torproject.org/cgi-bin/TorBulkExitList.py?ip=103.21.228.212&port=. Pratama juga mengimbau masyarakat bisa lebih tenang dan tidak termakan oleh banyaknya broadcast yang beredar di Whatsapp maupun media sosial.

Ia menekankan bahwa serangan terhadap web KPU tidak akan mengubah hasil pilkada karena setiap pasangan telah mempunyai formulir bukti penghitungan suara. Bahkan, digandakan demi keamanan.

Sumber : Antara
Wartawan: Widodo S Jusuf

Related posts

Danrem 162 WB Ajak Masyarakat Jaga Lingkungan dan Hijaukan Hutan

ArkiFM Friendly Radio

Akibat Covid-19, 500 Karyawan Hotel di KLU Dirumahkan

Dermaga Labuan Lalar Akan Menjadi Asset Pusat

ArkiFM Friendly Radio

Leave a Comment