Sumbawa Barat Borong Tiga Nominasi Dalam Penganugrahan “Bawaslu NTB Award”

0

Mataram – Kabupaten Sumbawa Barat dilaporkan memborong tiga nominasi dalam malam penganugrahan‘Bawaslu NTB Award tahun 2016”, sabtu 24/9 lalu, di Grand Hotel Madani. Penghargaan tersebut pasalnya menjadi bagian dari perayaan hari Ulang Tahun  Bawaslu NTB keempat dan apreasiasi atas kerja  keras elemen masyarakat dan khusunsya penyelenggara Pilkada tahun 2015-2016 lalu.

Demikian diterangkan, Ketua Bawaslu NTB, Muhammad Khuwalid, S.Ag, MH, yang dikonfirmasi wartawan media ini, senin 26/9 sore kemarin, di ruang kerjanya.

“ini peghargaan atas kerja keras untuk menjaga proses Pilkada kemarin berkualitas, dan Sumbawa Barat dalam penghargaan tersebut juga mendapatkan beberapa nominasi,” terangnya

img-20160925-wa0003Dalam penganugrahan Bawaslu NTB Award tersebut, Bawaslu NTB tidak hanya memberikan penghargaan kepada penyelenggara Pilkada terbaik, tetapi juga terhadap insan dan pelaku media massa yang mempunyai terobosan, ide  dan program terbaik tentang Pilkada.

Sementara itu, Bawaslu NTB dalam ajang bergengsi tersebut memiliki delapan kriteria penghargaan, diantaranya, pertama Pemda/Pemkot Pelaksana Netralitas Aparatur Sipil Negara Terbaik, kedua daerah dengan Tingkat Partisipasi Pengawasasn Pemilu Terbaik, Penyelesaian Sengketa Terbaik, Harmonisasi Penyelenggara Pemilu Terbaik, Program Acara TV pemilu Terbaik, keenam Media Terbaik, Ketujuh Sentra Gakumdu Terbaik dan terakhir Fasilitasi Pemda Terbaik.

Penilaian dalam setiap kategori penghargaan dilakukan oleh tim yang telah ditunjuk secara independen. Sedangkan untuk kriteria penilaian semuanya sudah ditentukan. Sebut saja, seperti pemenang dalam kategori Pemkot dan Pelaksana Netralitas ASN Terbaik dinilai berdasarkan, keaktifan Pemda dalam mencegah keterlibatan ASN dalam Politik dan Pelaksanaan terhadap Rekomendasi Pengawas Pemilu.

Ia menambahkan, penghargaan ini diharapkan untuk bisa memperkuat hubungan antara penyelenggara Pemilu atau Pilkada dengan elemen penting dala proses demokrasi. Seperti dengan pemerintah daerah, insan media, dan juga ormas.

“kita memberikan penghormatan kepada semua elemen tersebut atas semangatnya menjaga dan mengawasi proses Pilkada, inilah yang menjadi nilai strategis.

unnameddari data yag didapatkan www.arkifm.com, Sumbawa Barat mendapatkan tiga nominasi yaitu Pemda/Pemkot Pelaksana Netralitas Aparatur Sipil Negara Terbaik, kedua Penyelesaian Sengketa Terbaik, dan terakhir Sentra Gakumdu Terbaik. Dan atas ketiga nominasi tersebut Sumbawa Barat hanya bisa mendapatkan juara umum dalam kategori Pemda/Pemkot Pelaksana Netralitas Aparatur Sipil Negara Terbaik.

Seperti diketahui, Panwas Sumbawa Barat telah merekomedasikan Sembilan rekomendasi terhadap pelanggaran Neteralitas ASN dan semua rekomendasi itu ditindaklnjuti masing-masing yaitu dua diantaranya diberikan hukuman berat dengan penundaan pengangkatan pangkat secara berkala, dan selebihnya adalah peringatan tertulis karena dinilai telah ikut serta dalam kampanye pasangan calon tertentu. (US-ArkiRadio)

Leave A Reply