Tingkatkan Kapasitas Aparatur, Desa Manemeng Gelar Pelatihan ‘Public Of Speaking’  

1

 “ pasca desa diberikan hak yang luas untuk mengembangkan diri dengan berbagai kewenangan dan porsi anggaran yang cukup besar. Maka kualitas aparatur desa sangat diperlukan untuk meningkatkan pelayanan kepada msyarakat.

Sumbawa Barat. Radio Arki- Peningkatan kapasitas aparatur bagi Kepala Desa Manameng menjadi salah satu fokus program untuk membangun kemandirian desa. Berbagai pelatihan untuk mewujudkan itu terus dilaksanakan. Termasuk salah satunya, adalah pelatihan publik of speaking (bicara depan publik) yang dilaksanakan belum  lama ini, di kantor desa Manemeng, kecamatan Brang Ene Kabupaten Sumbawa Barat.

“peningkatan kapasitas aparatur desa bagi kami itu sangat penting. Dan sebagai penyelenggara pemerintahan yang langsung berhadapan dengan publik. Maka sangat penting kemampuan ini dilatih.” Ujar kepala desa Manemeng, Ibrahim, (25/12) malam tadi.

kepala desa Manemeng, Ibrahim

Menurut kades yang dua priodesasi menjabat itu, tuntutan publik terhadap perbaikan aparatur desa sangat kuat. Dan hal tersebut bagi Ibarahim, dapat dipahami sebagai bagian dari tuntutan atas kewenangan desa yang semakin kuat dan luas. Maka standarisasi keahlian seperti bicara depan publik sangat perlu dimiliki aparatur desa.

Ada perbedaaan mendasar antara desa yang dulu pasca dikeluarkan aturan khusus tentang desa. Bukan hanya perubahan pada diperluasnya kewenangan saja, tetapi perubahan sosial masyarakat desa juga nampak jelas dalam kaitan melihat desa sebagai pemerintahan yang harus memiliki pelayanan yang baik dan berkualitas.

“agenda ini memang sudah kami agendakan jauh-jauh hari. Untuk itu kami coba mencari mitra yang dapat diajak untuk bekerja sama, dan kami berterima kasih kepada para pihak yang telah mendukung kegiatan ini.” terangnya.

Dalam pelatihan public of speaking yang digelar tanggal 24 desember lalu tersebut, Kepala Desa Manemeng membangun kemitraan dengan lembaga yang telah memiliki lisensi pelatihan public of speaking, yaitu AAN WIDHI ATMA, Co & Fpunder Sumbawa School Of Public Speaking. Dan selain aparatur desa, pelatihan itu juga mengikutsertakan karang taruna setempat sebagai peserta. (Unang Silatang.radio arki)

Discussion1 Komentar

  1. Semoga kegiatan ini mampu meningkatkan kapasitas SDM aparat Desa Manemeng dalam menghadapi tantangan desa di masa mendatang…

Leave A Reply