ARKIFM NEWS

STQ X Brang Ene, Camat : Jangan Hanya Ceremonial

“Seleksi Tilawatil Quran kegiatan tahunan di kecamatan Brang Ene, kegiatan tersebut selama ini telah mampu untuk memperkuat silaturrahim dan melahirkan banyak qori dan qoriah yang berprestasi. Bukan hanya itu, kegiatan ini idealnya juga mampu memberikan efek domino lainnya terhadap sosial.”

Sumbawa Barat. Arki Radio- Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ke-X Kecamatan Brang Ene  yang digelar di Desa Manemeng, Rabu malam (28/3) tadi telah resmi dimulai. Kegiatan itu akan dilaksanakan selama beberapa hari, dengan membawa tema besar yaitu Aktualisasikan Nilai Nilai Al Qur’an, Kita Ciptakan Masyarakat Yang Religius Dan Sejahtera Menuju Masyarakat Yang Harmonis. Artinya kegiatan itu diharapkan bukan sekedar ceremonial belaka, melainkan harus membawa dampak positif terhadap sosial.

Demikian diungkapkan Camat Brang Ene, NS. Kamaluddin, dalam sambutan saat pembukaan kegiatan itu, Rabu (28/3) malam tadi.

Dijelaskan, kegiatan Seleksi Tilawatil Qur’an ini dilaksanakan setiap tahun. Kegaitan ini, tentunya mempunyai tujuan yang terkandung di dalamnya, seperti bagaimana supaya masyarakat bisa lebih mencintai Al-Qur’an secara total dan diharapkan akan mampu mewujudkan masyarakat yang lebih harmonis, terutama dalam hal pembangunan.

“Jadi kita laksanakan STQ ini, agar bagaimana kita selalu mencintai Al Qur’an di dalam kehidupan kita sehari hari. Al quran itu tercermin sebagai tuntunan dalam kehidupan kita. Inilah yang perlu kita pahami bersama sama,”ujar Kamaluddin.

Ia menegaskan, kualitas Pelaksanaan STQ ini berada di tangan dewan hakim dan peserta. Sehingga, ia berharap kepada dewan hakim agar bisa memberikan penilaian yang sportif. Dan begitupun peserta untuk dapat mengikuti kegiatan ini secara sportif.  Ini penting diperhatikan, kata Kamal, sehingga apa yang dicapai peserta yang mengikuti STQ ini, sesuai fakta kemampuan yang dimiliki.

“Ini yang tetap saya pesankan, supaya kita itu tetap berada di jalan yang benar.” Tegasnya.

Setelah seleksi ini, lanjutnya,  masih ada satu pekerjaan besar yang telah menunggu, yaitu MTQ tingkat kabupaten. Karena Kecamatan Brang Ene dipercayakan sebagai tuan rumah untuk suksesi kegiatan besar ini. Sebagai upaya dalam mensukseskan kegiatan tersebut, ada banyak persiapan yang telah disiapkan, termasuk kegiatan STQ  yang merupakan ajang perlombaan berjenjang sebelum mengikuti MTQ.

“Kita tidak hanya sukses sebagai penyelenggara. Namun, harus juga sukses dalam setiap mata lomba pada MTQ tersebut. Tentunya ini bukan hanya target biasa, kita harus persiapkan diri. Jadi setelah STQ ini, kita langsung membina anak anak kita supaya mereka bisa berbicara di tingkat kabupaten,” katanya, memberikan semangat peserta STQ.

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh Kapolsek Taliwang, Kapolpos Kecamatan Brang Ene, Danramil Taliwang, Danposramil Kecamatan Brang Ene, Kafilah Se Kecamatan Brang Ene, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Brang Ene, serta masyarakat Desa Manemeng berlangsung begitu khidmat.

Sebelumnya, Ketua Panitia STQ Kecamatan Brang Ene, Zulkifli, SE dalam laporannya menerangkan bahwa, pelaksanaan STQ di Desa Manemeng kali ini dilaksanakan mulai tanggal 28 hingga 30 Maret 2018. Dimana kegiatan STQ ini diikuti oleh kafilah kafilah dari 6 desa Se Kecamatan Brang Ene, 6 jenis mata lomba, dengan kalkulasi peserta berjumlah 63 orang.

Dijelaskan, adapun jenis-jenis mata lomba yang diperlombakan dalam STQ X tingkat Kecamatan Brang Ene yakni, Pertama mata lomba Tartil dengan jumlah peserta 12 orang. Kedua, mata lomba Tilawah tingkat anak anak dengan jumlah peserta 12 orang. Ketiga, mata lomba Tilawah tingkat remaja dengan jumlah peserta 12 orang. Keempat, Tilawah tingkat dewasa dengan jumlah peserta 20 orang. Kelima, mata lomba Tahfidz 1 jus dengan jumlah peserta 9 orang. Keenam, mata lomba Tahfidz 5 jus dengan jumlah peserta 6 orang.

Di akhir acara, Camat Kecamatan Brang Ene langsung meresmikan kegiatan STQ ke X di Desa Manemeng ditandai dengan pemukulan bedug oleh Camat Kecamatan Brang Ene yang di damping oleh Kapolsek Taliwang, Kapolpos Kecamatan Brang Ene, Danramil Taliwang, Danposramil kecamatan Brang Ene dan Ketua Panitia STQ Brang Ene (Enk. Radio Arki)

Related posts

Wujudkan WBK dan WBBM, Pemda KSB Canangkan Zona Integritas

ArkiFM Friendly Radio

TPS 3R di Taliwang Belum Pernah Difungsikan

ArkiFM Friendly Radio

Tantang Bayern Munich, Wenger Tak Trauma Pasang Skuad Yang Sama Kontra Liverpool

Leave a Comment