ARKIFM NEWS

Ada Lansia Ikuti Upacara Peringatan HUT RI Ke-74 Di Lantung

“Upacara peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia kmenjadi kewajiban institusi pemerintahan. Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, ada banyak pihak yang ikut serta, terutama unsur abdi Negara. Tapi bagaimana jika para lansia juga ikut serta dalam upacara bendera yag biasanya digelar dibawah terik matahari.”

Sumbawa Barat. Radio Arki – Upacara peringatan proklamasi kemerdekaan Indonesia selalu digelar pemerintah Indonesia dalam setiap tingkatan. Tak terkecuali di kecamatan. Sebut saja salah satunya di kecamatan Lantung, satu kecamatan di perbukitan timur wilayah Sumbawa. Uniknya dalam kegiatan ceremonial itu, sejumlah lansia juga ikut serta dalam upacara tersebut.

“Kami bahagia dan berterima kasih telah diundang pak camat. Apalagi ini adalah upacara yang sangat penting untuk sedikit merasakan bagaimana perjuangan kemerdekaan saat itu. Kami memang tidak langsung ikut berjuang, tetapi setidaknya kami tahu bahwa orang tua kami juga ikut berjuang saat itu. Jadi kami sangat berterima kasih,” ujar Saleha (71), salah seorang lansia yang ikut dalam upcara tersebut, Sabtu (17/8) pagi tadi, kepada media ini.

“semoga kami selalu diikutsertakan dalam setiap kegiatan seperti ini. Karena kami juga ingin tunjukan kepada generasi sekarang, bahwa untuk pembangunan di desa ataupun di lingkungan itu tak boleh dibatasi oleh umur.” Lanjutnya.

Camat Lantung, Muhmmad Nur, S.STP sedang memberikan amanat upacara. (Sumber: Arkifm.doc)

Sementara itu, Camat Lantung, Muhmmad Nur, S.STP yang diwancari media ini usai upacara di lapangan kecamatan setempat mengatakan, pelibatan setiap elemen di desa dalam upacara peringatan proklamasi kemerdekaan RI sangat penting. Karena dengan itu, setidaknya masyarakat akan selalu bersemangat dalam memberikan peran untuk pembangunan.

Upacara peringatan proklamasi kemerdekaan RI ke-74 di kecamatan Lantung digelar mulai  jam 07.00 sampai jam 08.00 wita, dan berjalan dengan khidmat. Dalam upacara tersebut, elemen desa seperti pemerintahan desa, tokoh pemuda, tokoh masyarakat desa dan satu barisan khusus lansia juga terlihat tertib dalam upacara tersebut. .

“kami apresiasi semua pihak yang terlibat. Tentu hormat kami khususnya kepada barisan Lansia yang telah mau ikut dalam upacara seperti ini. Semangat ini harusnya dicontohi generasi sekarang.” Ujarnya.

Ia berharap, peringatan proklamasi kemerdekaan RI harus dapat memacu semangat masyarakat lantung dalam pembangunan. Karena tanpa adanya ikut serta banyak pihak atau semua elemen dalam pembangunan, maka sulit untuk mewujudkan bangsa ini sebagai bangsa yang maju, ataupun untuk mewujudkan kabupaten ini sebagai kabupaten yang hebat dan bermartabat.

“Kami berharap dukungan semua elemen masyarakat dalam pembangunan. Dan HUT RI ke-74 ini kita harap dapat menjadi bagian pemicu pemersatu bangsa.”demikian, Camat. (Fitrah\Admin01.Radio Arki)

Related posts

Momentum Apel Harkitnas, Bupati KSB Sampaikan Keberhasilan Pemerintah Pusat

ArkiFM Friendly Radio

Pembebasan Lahan Brimob Belum Tuntas, Pimpinan DPRD Tegur Pemda KSB

ArkiFM Friendly Radio

Dishub KSB Ikut Ambil Bagian Dalam Operasi Yustisi

ArkiFM Friendly Radio

Leave a Comment