BUMDES Sinar Makmur Kalimantong Jadi BUMDES Pangkalan LPG Pertama di KSB

0

Sumbawa Barat. Radio Arki – Konversi minyak tanah ke Liquified Petroleum Gas (LPG) perdana pada akhir 2018 lalu di Kabupaten Sumbawa Barat, akhirnya bisa terrealisasi pada bulan Agustus 2019 ini. Total ada 2240 tabung gas 3 Kg yang masuk ke Sumbawa Barat dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) LPG 3 Kg seharga Rp. 16.500, sesuai SK Gubernur NTB nomor 750-763 tahun 2019 tentang HET.

Menangkap peluang tersebut, Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Sinar Makmur Desa Kalimantong Kecamatan Brang Ene, menciptakan peluang dan jaringan pasar yang mendukung kebutuhan layanan umum warga dengan pasar mencakup Se Kecamatan Brang Ene. Hebatnya lagi, BUMDES Sinar Makmur menjadi satu satunya BUMDES yang menjadi agen LPG di Sumbawa Barat.

Foto Ketua BUMDES SInar Makmur saat menerima pembeli pertama GAS Elpiji 3 KG. (Doc : Arkifm)

“Kami melihat peluang ini sangat baik untuk dikelolah oleh BUMDES. Terlebih lagi, kebutuhan pasar LPG kedepannya sangat luas, karena hal tersebut merupakan kebutuhan primer rumah tangga, terlebih lagi untuk usaha mikro,” ujar Ketua BUMDES Sinar Makmur Desa Kalimantong, Arifin Siregar, S.Pdi kepada wartawan Arkifm.com, Sabtu malam (7/9).

Untuk menjadi agen LPG, kata Arifin Siregar, pihaknya melalui proses perijinan dan adanya perjanjian dengan Diskoperindag dan UD. Risma sejak bulan April 2019 lalu. Dengan perjanjian 200 tabung untuk BUMDES Sinar Makmur, dimana tahap pertama didistribusikan 20 tabung terlebih dahulu yang hari ini (Sabtu, red) langsung di jual ke masyarakat. Selanjutnya akan ditambah jumlah LPG ketika jumlah stok LPG telah habis.

“Hari ini (Sabtu, red), hari perdana kami menjual, dan Alhamdulillah hingga sabtu malam pukul 20.00 sudah habis 8 tabung,” jelas Arifin, sapaan akrab ketua BUMDES Sinar Makmur.

Ia mengaku, dihari pertama pembukaan pangkalan Gas LPG, respon masyarakat sangat baik. Disamping BUMDES Sinar Makmur telah berhasil mendekatkan kebutuhan layanan umum kepada masyarakat Brang Ene, Khususnya warga Desa Kalimantong, harga Gas LPG 3 Kg bersubsidi juga terjangkau oleh semua kalangan masyarakat. Hal tersebut mengingat, sebelumnya gas elpiji berharga cukup tinggi, mulai dari kisaran harga Rp. 35.000 hingga Rp. 37.000 per tabung gas elpiji 3 Kg.

“Alhamdulillah respon masyarakat sangat baik dan sangat terbantukan. Kedepan, kami dari BUMDES Sinar Makmur akan terus mengevaluasi kinerja BUMDES, sehingga perekonomian dan kesejahteraan desa akan terus meningkat,” demikian, tukas Arifin. (Enk. Radio Arki)

Leave A Reply