ARKIFM NEWS

Wagub Rohmi Ajak Generasi Muda Memelihara Lingkungan Bersih

Mataram. Radio arki – Wakil gubernur NTB Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalillah, M.Pd membuka kegiatan Aksi Bersih Pantai dalam Rangka HUT RI ke-74 dan Hari Maritim Nasional ke-56 di Pantai Loang Baloq, Minggu (15/9).

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Gelegar Pemuda Satu Negeri ini, merupakan kegiatan Nasional yang terselenggara di 24 Provinsi di Indonesia. Di NTB, kegiatan ini terbagi menjadi dua kegiatan utama, yakni Gerakan Bersih dan Edukasi.

Pada kesempatan tersebut, Hj. Rohmi menyampaikan bahwa aksi bersih-bersih menjadi satu bagian yang sangat penting dalam mewujudkan masa depan NTB dan Indonesia. NTB memiliki laut yang begitu indah. Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa menjadi salah satu tempat dengan keindahan alam terindah di dunia.

“Sehingga, adik-adik selaku generasi muda semua sebagai hamba Allah yang pandai bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. Kita harus menjaganya, harus memeliharanya dengan cara tidak membuang sampah sembarangan,” jelas Wakil Gubernur di hadapan peserta aksi bersih pantai.

Melanjutkan sambutannya Hj. Rohmi menjelaskan sampah harus dibuang pada tempatnya dan dikelola dengan baik. Jangan sampai mencemari sungai-sungai oleh sampah plastik. Ia juga menjelaskan bahwa Indonesia merupakan penghasil sampah plastik terbesar kedua di dunia.

“Kita harusnya sedih, sampah plastik yang masuk ke laut, kemudian dimakan oleh ikan, setelah itu ikannya kita makan. Makanya, tidak heran jika kita terpapar mikro plastik. Hal itu terjadi karena ulah kita semua,” tegas Hj. Rohmi.

Di akhir sambutannya, Hj. Rohmi mengajak semua peserta untuk terus mengkampanyekan kegiatan bersih-bersih mulai dari lingkup terkecil yaitu diri kita sendiri, keluarga, sekolah, dan orang-orang terdekat di sekitar kita.

“Insya Allah semua bersama-sama semua yang kita cita-citakan akan terwujud jika berjuang bersama-sama. Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini, walaupun sedikit kita dapat memberikan manfaat dan contoh bagi lingkungan kita,” pungkas Hj. Rohmi.

Bersamaan dengan itu, Wahyu Laily Romdhani, S.T selaku koordinator Gelagar Pemuda 1 Negeri berterima kasih kepada seluruh peserta yang mengikuti kegiatan ini, termasuk dinas-dinas yang telah mendukung penyelenggaraan kegiatan Aksi Bersih Pantai.

“Sebelum kegiatan ini dimulai kami sudah memberikan edukasi di Kantor Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Prov. NTB yang diikuti oleh 200 peserta,” jelas Wahyu.

Setelah menyampaikan sambutannya Hj. Rohmi yang didampingi oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Asisten III, dan Kepala Biro Umum Pemprov NTB menyusuri tiap sudut Pantai Loang Baloq untuk memungut sampah-sampah plastik.

Tak lupa, Hj. Rohmi menyosialisasikan kepada para pedagang dan masyarakat sekitar untuk mengumpulkan sampah plastik yang tidak bisa didaur ulang kedalam botol mineral atau yang biasa disebut ecobrick. Karena semua itu sumber daya dan dapat bernilai ekonomis selama kita pilah dan kelola dengan baik. (San. Radio Arki)

Related posts

Menyoal Bendungan Tiu Suntuk, Warga Desa Mujahiddin Beri Maklumat Keras

ArkiFM Friendly Radio

Menpan RB Nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemda KSB Meningkat

ArkiFM Friendly Radio

Hibah Rp 1 Milyar Ke Pondok Pesantren, Bupati : Harus Dikelolah Dengan Baik

ArkiFM Friendly Radio

Leave a Comment