BERITA NASIONAL

PB HMI Sambut Program Zero Waste di NTB dengan Pelatihan

Mataram. Radio Arki – Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) selanggarakan kegiatan pelatihan pengolahan Sampah di Aula Sangkareang Kantor Gubernur NTB, Kamis (17/10).

Kegiatan tersebut dilakukan, untuk menyambut dan mendukung program unggulan bebas sampah atau Zero Waste yang digalakkan Pemerintah Provinsi NTB. Juga diketahui setelah banyak pihak antusias mendukung itu. Maka kali ini HMI sebagai organisasi yang memiliki kapital social besar untuk mengajak masyarakat memulai gaya hidup bebas sampah.

Ketua Bidang Lingkungan Hidup Pengurus Besar (PB HMI) Rahmad Ramdani, mengatakan Indonesia Bebas Sampah 2025 dimulai dari Badko (Badan Koordinasi) Nusa Tenggara. Selain mendukung program Zero Waste pemerintah daerah, pola bank sampah dinilai efektif sebagai kampanye bebas sampah di masyarakat. Menurutnya, program bank sampah juga sudah banyak dikenal dan dilakukan oleh masyarakat NTB untuk tujuan mengurangi, memakai ulang dan mendaur ulang sampah.

“Kita akan lakukan secara bertahap. Langkah awal merubah mindset dengan pendekatan bank sampah. Nanti bisa saja melibatkan masyarakat sekitar dengan sistem bank sampah komersial tapi kita ingin tahu dulu respon kader kita,” jelasnya

Program besar itu dimulai dengan memberikan pelatihan pengelolaan sampah dan pendirian bank sampah di setiap cabang. Potensi kader HMI yang besar dikatakannya menjadi semangat untuk berbuat. Semua kader berhimpun di 227 cabang HMI se Indonesia dan dalam 20 Badko untuk Nusa Tenggara.

Seperti dikatakan Ketua Umum PB HMI, Respiratori Saddam Al Jihad, setiap anggota HMI harus memiliki kesadaran lingkungan yang baik. Sebagai gerakan sosial, program Bank Sampah di setiap Badko HMI se Indonesia diharapkan mampu membuat perubahan.

“Itu sebabnya gerakan ini harus dimulai dari Badko agar berkelanjutan. PB HMI tentu sudah memiliki rencana besar dalam mendukung Indonesia Bebas Sampah 2025 tapi Badko lebih memiliki peluang untuk melakukan aksi nyata di masyarakat,” ucapnya.

Nantinya, setelah berjalan dengan baik di tingkat Badko, akan mudah melakukan alih teknologi dan konsep lingkungan lainnya karena HMI juga memiliki cabang di luar negeri dan kader yang mumpuni di bidang lingkungan hidup. Tidak hanya soal politik dan lainnya, sebagai organisasi besar, HMI memiliki infrastruktur dan sumber daya manusia yang baik.

“Merubah perilaku adalah langkah pertama HMI,” tambahnya.

Sementara itu dalam sambutannya, Dr Nourizal Tahir mengapresiasi masyarakat yang ikut berperan mendukung program pembangunan dengan Visi NTB Gemilang yang mengusung program unggulan Zero Waste dalam RPJMD pemerintahan Zul – Rohmi.

“Mahasiswa juga harus bergerak nyata dalam isu lingkungan,” ujarnya.

Untuk diketahui, yang turut hadir dalam menyambut Pelatihan pengelolaan sampah, diantaranya, Kepala Bank Sampah NTB, Syawaludin, Direktur Pengelolaan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup dan pegiat bank sampah, Dr Nourizal Tahir, Kepala Bappeda NTB, Wedha Maghma Ardhi
dan Kepala dinas LHK, Ir Madani Mukarom. (M Arif. Radio Arki)

Related posts

Maraknya Prostitusi Online di Bawah Umur, Komnas PA Minta Orangtua Waspada

ArkiFM Friendly Radio

Prabowo Bagikan 40 Unit Sepeda Motor untuk Babinsa di Sumbawa

ArkiFM Friendly Radio

Bukan Disangka Makar, Jerat Ini Bikin Hatta Taliwang Ditahan

ArkiFM Friendly Radio

Leave a Comment