Serikat Pekerja/Buruh Diharapkan Tidak Tempuh Jalur Ilegal Menuntut Hak

0

Sumbawa Barat-Bupati Sumbawa Barat, Dr.Ir.W. Musyafirin, MM berharap kepada serikat pekerja atau serikat buruh yang ada di Batu Hijau, khususnya dalam PT Newmont Nusa Tenggara untuk tidak menempuh jalur illegal dalam menuntut hak. Karena setiap tuntutan  illegal pastinya akan berdampak fatal kepada karyawan atau serikat kedepan.

“saya minta serikat serikat yang ada (di Newmont) untuk menjaga kondusifitas.  Tidak usah mogok, karena apa yang menjadi tuntutan mereka (serikat) justru tidak diatur dalam aturan perundang undangan,” harapnya, senin 29/8 siang tadi.

Kalau menggunakan logika hokum, maka idealnya harus dipahami dulu,  tegas Haji Firin, jangan sampai aksi mogok kerja tersebut illegal.  Karena setiap proses yang illegal pasti akan berdampak illegal.

Dalam ketentuan perundang-undangan, mekanisme mogok kerja memang diatur khusus. Hanya saja, alasan mogok kerja yang rencananya akan dilaksanakan salah satu serikat pekerja dalam waktu dekat didalam PT Newmont Nusa Tenggara tersebut tidak mempunyai argumentasi hokum yang kuat.

Lebih lanjut, ia menegaskan bahwa, persoalan permintaan saham Newwont sebanyak 15 persen yang dianggap sebagai Dana Apreasisi oleh serikat, ungkapnya, ternyata tidak mempunyai dasar hokum yang kuat. Jadi tidak ada ruang negosiasi yang bisa dibuka oleh pemerintah ataupun Serikat untuk memperkuat tuntatan yang dianggap hak tersebut.

“itu bukan sesuatu yang bisa dinegosiasikan,” tukasnya

Belajar dari beberapa perusahaan yang memiliki kondisi yang sama. Sepeti PT Inco dan PT KPC di Kalimantan, pihak perusahaan hanya memberikan dana yang sangat kecil sebagai apreasiasi sebelum perusahaan tersebut diakusisi.

“kalau Inco itu hanya 1,5 persen dari gaji. Sementara KPC itu hanya Dua kali Gaji. Sementara itu PT Newmont, setelah kita (pemerintah) melakukan komunikasi, akan memberikan sebanyak 3 kali Gaji ditambah lagi dengan uang Rp 750 dikalikan dengan masa kerja masing masing karyawan,” jelas

Nominal tersebut sudah sangat besar, lanjutnya, jadi perlu diapreasiasi.

“kita (pemerintah daerah) juga akan minta. Tetapi nominal terserah mereka. Namanya juga minta,” ujarnya sembari berkelakar dengan sejumlah insan pers. (US-ArkiRadio)

Leave A Reply