ARKIFM NEWS

Pemdes Tua Nanga Akan Bagikan 100 Ekor Kambing

Foto: Kepala Desa Tua Nanga, Hamzah

Sumbawa Barat. Radio Arki – Pemerintah Desa (Pemdes) Tua Nanga, Kecamatan Poto Tano, kembali memprogramkan pembagian stimulus 100 ekor kambing kepada warganya, dengan anggaran 200 juta di tahun 2022.

Program ini merupakan program pemberdayaan lanjutan berdasarkan hasil usulan warga dalam musyawarah, dimana pada tahun sebelumnya (2021, red) juga telah dibagikan 100 ekor kambing kepada warga Desa Tua Nanga.

“Mudah mudahan program ini bisa clear dalam waktu dekat, sehingga bisa segera kita salurkan,” ujar Kepala Desa Tua Nanga, Hamzah kepada arkifm.com, Kamis (12/5).

Untuk penerima bantuan stimulus kambing, kata Hamzah, akan dibagikan perkepala keluarga. Jika sudah menerima di tahun sebelumnya, maka di tahun ini tidak diberikan lagi.

Sementara untuk penerimanya itu sendiri, lanjut Hamzah, adalah masyarakat yang juga mayoritas sebagai petani di Desa Tua Nanga

“Jadi disini, masyarakat yang bertani juga dibarengi dengan beternak. Ketika ternak berkembang biak, maka bisa saling menopang antara yang satu dengan yang lainnya,” jelasnya.

Pengadaan kambing untuk warga, kata Hamzah, merupakan salah satu program peningkatan ekonomi masyarakat Desa Tua Nanga melalui ketahanan pangan bidang hewani.

“Kami berharap, ternak yang dibagikan dapat berkembang dan menguntungkan warga. Sehingga perekonomian warga dapat terbantu dan meningkat,” kata Hamzah.

Untuk itu, dalam rangka mengawal program yang bergulir ini, Pemdes dibantu BPD terus memantau masyarakat penerima manfaat, agar betul betul memelihara bantuan yang telah diberikan oleh Pemerintah Desa.

“Kita pantau terus, kami juga selalu mengimbau agar masyarakat tidak serta merta menjualnya. Kita tidak melarang untuk dijual, tapi kita dorong agar ternak bisa berkembang, kecuali memang ada kondisi kondisi tertentu yang diluar kendali kita,” tandas Hamzah. (Enk. Radio Arki)

Related posts

Safari Subuh di Loteng, Gubernur Ajak Pemuda Jadi Pengusaha

ArkiFM Friendly Radio

Ada Indikasi Mal-adminitrasi di PRONA Jereweh

ArkiFM Friendly Radio

Masih Banyak Rakyat Sumbawa Barat ‘Cuek’ Terhadap Bahaya Narkoba  

ArkiFM Friendly Radio