ARKIFM

Tingkatkan Partisipasi Pemilu, Bakesbangpol KSB Akan Gelar Roadshow

Sumbawa Barat. Radio Arki – Partisipasi pemilih dalam Pemilihan Umum (Pemilu) merupakan tanggung jawab bersama antara Pemerintah, penyelenggara Pemilu, partai politik dan masyarakat.

Salah satu yang menjadi perhatian dalam hal partisipasi pemilih, ialah kalangan pemilih pemula.

Untuk itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Dalam Negeri (Bakesbangpol) akan menggelar kegiatan Sosialisasi Pemilu dengan menyasar pemilih pemula dan pemilih milenial.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Politik Dalam Negeri dan Organisasi Masyarakat Bakesbangpol KSB, Titin yuliana, M.Ec.Dev, saat diwawancarai arkifm.com, di ruang kerjanya, Senin (8/5).

Ia mengungkapkan, berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU), partisipasi pemilih pemula dan pemilih milenial dalam kontestasi pesta demokrasi menurun.

Atas kondisi tersebutlah, Bakesbangpol KSB akan menggelar kegiatan roadshow dengan menyasar pemilih pemula di sekolah sekolah.

“Jika tidak ada halangan, Bulan Agustus mendatang kami akan lakukan Sosialisasi. Tujuannya agar tidak ada pemilih Pemula dan milenial golput,” katanya.

Ia menambahkan, salah satu penyebab menurunnya partisipasi pemilih pemula dan milenial ialah, adanya ketidakpercayaan atas output dari adanya pesta demokrasi.

“Pemilih pemula dan milenial tidak begitu aktif dalam Pemilu, dikarenakan mereka merasa tidak ada perubahan dari segi pembangunan dan program, sehingga mempengaruhi partisipasinya,” jelasnya.

Untuk diketahui, kegiatan roadshow nantinya juga akan melibatkan penyelenggara Pemilu (KPU dan Bawaslu). Kegiatan door to door di semua sekolah nantinya akan digelar secara marathon, mulai dari Kecamatan Sekongkang dan dan berakhir di Taliwang. (Rival. Radio Arki)

Related posts

Memasuki Musim Pancaroba, BPBD KSB Siagakan Antisipasi Bencana

ArkiFM Friendly Radio

Tiga Buah Mortir Aktif Ditemukan di Taliwang

ArkiFM Friendly Radio

Jalan Tatar Talonang Terputus

ArkiFM Friendly Radio