NEWS

Gandeng HMI, SMAN 1 Mataram Gelar Workshop Penulisan RPP

Mataram. Radio Arki – Dalam rangka meningkatkan minat dan kecakapan dalam bidang keguruan, Perpustakaan SMAN 1 Mataram sebagai barometer literasi sekolah bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram (FKIP UNRAM), menggelar Pelatihan Penulisan dan Pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Perencanaan adalah suatu cara untuk membuat suatu kegiatan khususnya kegiatan proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik. “Perencanaan merupakan hasil proses berpikir dan pengkajian untuk penyeleksian dari berbagai alternatif yang dianggap lebih memiliki nilai efektifitas dan efesiensi. Perencanaan ini merupakan awal dari sebuah proses pelaksanaan kegiatan proses belajar mengajar,” ungkap Murni Kurnia, S.Pd MM, Kepala Perpustakaan SMAN 1 Mataram.

Seperti diketahui, RPP berguna untuk mempermudah para guru dalam membuat metode pembelajaran lebih sistematis, memudahkan analisis keberhasilan belajar siswa, memudahkan penyampaian materi, pengatur pola pembelajaran dan menghemat waktu dan tenaga.

Dalam pelatihan tersebut mengundang dua narasumber, yakni Murni Kurnia, S.Pd. MM yang merupakan kepala perpustakaan SMAN 1 Mataram, sekaligus koordinator Literasi Sekolah di SMAN 1 Mataram. Narasumber lainnya yaitu Yayuk Kurniawati, M.Pd, yang merupakan guru SMPN 4 Narmada Lombok Barat, sekaligus sebagai Wakil Ketua Dharma Wanita SMAN 1 Mataram bidang pendidikan.     

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Rinjani SMAN 1 Mataram tanggal 16 Oktober 2021 dan dihadiri oleh 34 orang peserta, baik itu kader HMI Komisariat FKIP UNRAM dan 8 orang mahasiswa yang sedang melaksanakan kuliah kerja partisipasi (KKP) di SMAN 1 Mataram.

“Mahasiswa yang sedang praktek mengajar di sini juga kami libatkan, karena materi ini sangat relevan dengan tugas mereka selama praktek mengajar, bagaimana menyusun rencana pembelajaran, sehingga ada gambaran ketika mereka mengajar di kelas,” ungkap Murni yang juga koordinator literasi sekolah.

Sementara itu, acara juga dihadiri oleh alumni HMI Komisariat FKIP UNRAM yang juga pernah menjadi Sekretaris Umum HMI Cabang Mataram, Agus Salim Nur, S.Pd. Beliau menyampaikan motivasi kepada seluruh peserta, agar dapat memahami dengan baik materi yang di sampaikan oleh narasumber, karena dapat mempermudah peserta dalam membuat RPP nantinya.

Kegiatan yang merupakan pertama kali diselenggarakan oleh HMI Komisariat FKIP UNRAM ini berlangsung selama satu hari, dan diharapkan agar dapat dilakukan kembali. Mengingat dalam pembuatan RPP tidak hanya bisa dipahami hanya dengan sekali pelatihan. “Dalam pelatihan pembuatan RPP sebenarnya tidak bisa digelar hanya sehari, tapi kami berharap bisa digelar kegiatan seperti ini lagi”, tandas Murni Kurnia. (Red)

Related posts

Responsif Lindungi Anak, Kota Mataram Dapat Anugerah dari KPAI

ArkiFM Friendly Radio

Yuk! Lirik Lowongan Kerja Di Job Fair KSB

ArkiFM Friendly Radio

KPU KSB Serahkan APK Kepada Paslon

ArkiFM Friendly Radio