ARKIFM NEWS

KSB Dapat DAK Fisik di Dinas Dikbud 7,8 Milliar di 2021

Foto: Suarman, S.Pd.,M.Si

Sumbawa Barat. Radio Arki – Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) mendapatkan suntikan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2021 dari pemerintah pusat, yang diperuntuhkan untuk pembangunan sekolah senilai 7,8 Milliar.

“Kita Alhamdulillah tahun ini mendapatkan DAK pengerjaan fisik di Sub Bidang SD Dinas Dikbud KSB, untuk beberapa bangunan Sekolah Dasar (SD) di Sumbawa Barat,” kata Kepala Dikbud KSB melalui Kabid SD, Suarman, S.Pd.,M.Si, kemarin (18/11).

Beberapa yang telah terakomodir melalui DAK tahun 2021 diantaranya, rehab ruang kelas di 16 sekolah dengan volume yang bervariasi. Ada yang rehab dua ruang kelas di satu sekolah, ada juga yang direhab tiga ruang kelas. Selain rehab ruang kelas, ada juga rehab 6 ruang perpustakaan, masing masing satu volume di setiap sekolah.

“Kemudian ada juga rehab ruang guru di 3 sekolah. Selanjutnya ada pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) di 3 sekolah, pembangunan toilet siswa di 3 sekolah, serta pembangunan ruang perpustakaan baru di 1 sekolah,” bebernya.

Penentuan sekolah penerima DAK, kata Suarman, mengacu kepada hasil verifikasi dan update data dapodiknya. Karena DAK menggunakan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) sebagai acuan. Oleh karenanya, sekolah sekolah dituntunt untuk melaporkan data dapodik secara baik, sehingga masuk dalam perencanaan DAK di Kementerian.

“Jadi tidak bisa serta merta kita usul sesuai keinginan kita, tanpa sekolah melakukan update data yang baik lewat dapodik sekolah. Operator di sekolah mengupload foto kondisi sekolahnya, termasuk juga ketersediaan lahannya juga,” jelasnya.

Dengan adanya DAK di tahun 2021 ini, lanjut Suarman, beberapa sekolah bisa dibenahi. Meski begitu, masih ada beberapa kerusakan bangunan akibat gempa bumi 2018 lalu yang seharusnya dapat terakomodir. Namun akibat tidak sempurnanya pelaporan Dapodik oleh sekolah bersangkutan, sehingga tidak bisa masuk dalam criteria penerima DAK 2021.

“Kita berharap di tahun tahun berikutnya, yang tidak bisa terakomodir tahun ini bisa terbackup. Dan yang patut kita syukuri pekerjaan DAK Fisik 2021, Alhamdulillah telah rampung di November 2021 dengan lancar, tanpa adanya kendala,” tandasnya.

Related posts

Heboh, Perempuan Tanpa Busana Ditemukan Di Pantai Balad

ArkiFM Friendly Radio

Dewan Minta Pemda Bijak Sikapi Nasib PTT

ArkiFM Friendly Radio

KT Unter Bulaeng Gelar Kemah Kepemimpinan Untuk Bekal ‘Mencari Pendamping Hidup’

ArkiFM Friendly Radio