ARKIFM NEWS

Himpunan Pramuwisata Indonesia Sumbawa Barat Dilantik

Sumbawa Barat. Radio Arki – Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) periode 2022 2027 resmi dilantik, di Aula Kantor Disparpora, kamis (27/10). Pelantikan tersebut dilakukan langsung oleh ketua HPI Provinsi NTB, Dr.H.Ainuddin, SH.,MH.

Kepala Disparpora KSB, Drs Burhanuddin, mengatakan, saat ini telah banyak upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kunjungan wisata, bagaimana agar para wisatawan dapat memperpanjang waktu tinggal di Sumbawa Barat.

“Beberapa terobosan dilakukan, seperti dilaksanakannya pelatihan ekonmi kreatif bagi masyarakat yang berada di tempat daerah wisata, seperti pernak-pernik wisata, tas, gantungan kunci,dll. Kemudian, pelatihan wisatawan muda sebanyak 30 Orang, serta pelatihan tour guide anggota HPI,” kata Burhanuddin.

Melalui pelantikan HPI KSB dibawah kepemimpinam Sukiman Edy Yunus dan Toniman ini pula, kata dia, secara kelembagaan akan melengkapi kebutuhan sektor pariwista secara lebih luas yang  dimulai dari kelembagaan dan SDM.

“Dalam perjalanan wisatawan ke KSB, sering terlewatkan, mungkin phone line kita yang belum ada. Tamu yang ke Lombok sudah dua tiga kali berdatangan mencari tempat baru. Tentu mereka ingin mencari suasana baru dan KSB bisa menjadi alternative. Oleh karenanya kita harus siapkan perangkatnya, salah satunya melalui HPI ini,” tutur Burhanuddin.

Sementara itu, Sekda KSB Amar Nurmansyah, ST.,M.Si dalam menyampaikan bahwa mereka yang yang bergabung dalam kepengurusan HPI adalah orang-orang yang tidak usah diragukan lagi kapasitasnya. “Mereka konsisten di pengembangan pariwista, tidak ada kata menyerah,” kata Sekda.

Sekda juga menyampaikan, Khusus di KSB RPJMN 2020 – 2024 menetapkan unggulannya, yaitu sebagai kawasan industri. Sementara Pulau lombok unggulannya yaitu pariwisata. Itulah salah satu yang menyebabkan mengapa Pemerintah pusat lebih cepat merespon usulan pulau Lombok dalam urusan pariwisata. Oleh karena itu Pemda KSB ngotot harus ada bandara sebagai pengungkit terbangunnya Pariwisata KSB.

“Harapan ketika ada bandara, lahan tidur cepat ada dibangun oleh investor, dan kedepannya Pariwisata KSB akan semakin berkembang,” tukas Sekda. (Enk.Radio Arki)

Related posts

Bupati Hadiri Program Ramadhan Lazdasi KSB

ArkiFM Friendly Radio

Wabup KSB Mulai ‘Warning’ Manajemen PT AMNT

ArkiFM Friendly Radio

Belajar Wirausaha dari Sandiaga Uno lewat Lombok YES 2019

ArkiFM Friendly Radio