ARKIFM NEWS

Lantik Pantarlih, Ketua KPU KSB Tekankan Agar Petugas Bekerja Sesuai Panduan

Sumbawa Barat, Radio Arki – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Herman Jayadi, S.AP, menghadiri pelantikan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) Se-Kecamatan Taliwang, di Graha Sudirman, Senin 24 Juni 2024.

Pelantikan Pantarlih dilakukan serempak di semua kecamatan Se-KSB.

Herman Jayadi menyatakan bahwa PPS se-KSB telah mengesahkan petugas Pantarlih, sehingga pelantikan bisa terlaksana saat ini.

“Hari ini, saya menghadiri pelantikan dan bimbingan teknis (bimtek) bagi Pantarlih untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024,” katanya.

Herman menekankan, agar Pantarlih bekerja sesuai dengan panduan KPU dan PKPU terkait penyusunan data pemilih. “Mereka (pantarlih) harus bekerja sesuai panduannya,” tambahnya.

Ia mengingatkan pentingnya persiapan, pelaksanaan, pelaporan, dan evaluasi untuk memastikan kelancaran seluruh proses. Setelah pencoklitan, akan ada tahapan DPSHP 1, DPSHP 2, dan seterusnya.

Sebagaimana diketahui, jumlah petugas Pantarlih di Kecamatan Taliwang sebanyak 144 orang yang tersebar di 16 desa/kelurahan dan 84 TPS.

Foto: Pantarlih Se-Kecamatan Taliwang saat dilantik.

Secara keseluruhan, jumlah petugas Pantarlih se-KSB mencapai 371 orang dengan total TPS sebanyak 234.

Terpisah, Ketua PPK Kecamatan Taliwang, Lukman, SH, menyampaikan bahwa tugas Pantarlih akan berlangsung selama satu bulan (24 Juni – 24 Juli 2024).

Dengan masa kerja yang relatif singkat itu, ia menekankan pentingnya koordinasi yang baik antara petugas Pantarlih, PKD, dan PPS untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Saya meminta agar petugas Pantarlih selalu berkoordinasi dengan berbagai pihak dan tidak mengambil keputusan sendiri,” tegasnya.

Selain itu, ia juga mengingatkan petugas Pantarlih untuk menjaga kesehatan dan menjaga komunikasi yang baik selama bertugas.

Sementara itu, Perwakilan Camat Taliwang, Syamsuddin, mengimbau agar data yang didapatkan oleh Pantarlih sesuai dengan fakta dan ketentuan yang ada. Ia berharap proses pencocokan dan penelitian (coklit) berjalan transparan dan sukses.

“Petugas Pantarlih adalah ujung tombak dalam memastikan akurasi data pemilih,” katanya.

Dengan pelantikan ini, diharapkan para petugas Pantarlih dapat melaksanakan tugasnya dengan penuh tanggung jawab dan integritas, guna memastikan data pemilih yang valid dan akurat untuk pemilihan serentak tahun 2024. (Enk. Radio Arki)

Related posts

Persiapan dan Pembangunan Bandara di Kiantar Ditanggung Penuh Investor

ArkiFM Friendly Radio

‘Menyengat’, Bau Got di Tengah Kota Taliwang

ArkiFM Friendly Radio

Tingkat Kesadaran Mengurus IMB Warga KSB Sangat Rendah