NEWS

Tingkatkan Pelayanan, RSUD Asy Syifa Kirimkan Tenaga Kesehatan Ikuti PMKP

Sumbawa Barat. Radio Arki – Sebagai bagian dari upaya peningkatan pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Asy Syifa Sumbawa Barat, dua tenaga kesehatan di RSUD Asy Syifa akan mengikuti workshop Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP), mulai tanggal 11 sampai 12 Juli 2019 di Malang.

Tujuan mengikuti kegiatan workshop PMKP yakni, supaya semakin banyak Rumah Sakit yang mendapatkan informasi tentang program peningkatan mutu dan keselamatan pasien sesuai dengan Standar Akreditasi Nasinal Rumah Sakit (SNARS) edisi 1 dalam mempersiapkan survei akreditasinya. Selain itu, adanya peningkatan kerjasama ARSAMA dengan KARS.

“Workshop PMKP itu banyak berbicara tentang peningkatan mutu dan keselamatan pasien. Jadi tenaga kesehatan yang tergabung dalam komite harus mengikuti PMKP, karena orang di komite harus orang yang terlatih sehingga bisa memantau peningkatan mutu dan keselamatan pasien dengan baik, bahkan bisa menjadi polisinya direktur,” Ujar Direktur RSUD Asy Syifa Sumbawa Barat, dr. Charlof Sitompul kepada media ini, kemarin (9/7).

Pendalaman terhadap PMKP perlu dilakukan, sehingga lebih meningkatkan pemahaman terhadap mutu dan keselamatan pasien. Berbicara PMKP, sambung dr. Charlof maka juga berbicara indikator mutu Rumah Sakit, berbicara penilaian kinerja staff, berbicara standarisasi pelayanan, berbicara insiden keselamatan pasien, termasuk juga berbicara managemen resiko.

“Contohnya dalam PMKP juga ada penilaian kinerja staff. Dari penilaian itu kita bisa lihat staff yang kompeten, staff yang bandel, dan staff yang perlu ditingkatkan lagi. Tak hanya itu, peningkatan mutu pelayanan agar sesuai dengan standarisasi pelayanan juga sangat diperhatikan, sehingga seluruh orang yang masuk ke Rumah Sakit mendapatkan pelayanan yang sama. Artinya tidak ada pasien yang dispesialkan,” terang dr. Charlof.

Banyak juga asas manfaat lainnya ketika mengikuti workshop PMKP. Yang jelas output dari keikutsertaan tenaga kesehatan di RSUD Asy Syifa nantinya, akan disosilisasikan kepada staff yang ada di RSUD Asy Syifa sehingga menjadi dasar management untuk mengambil tindakan yang rill dalam menghadapi complain, ataupun upaya upaya lainnya dalam rangka meningkatkan pelayanan.

“Tahun ini, kami kirimkan dua orang saja yakni, dr. Jumiarni, Sp.Kj selaku ketua komite PMKP RSUD Asy Syifa dan Ns. Nina Septi Wardani, S.Kep selaku ketua sub komite Peningkatan Mutu Rumah Sakit. Kita berharap dengan keikutsertaannya dalam workshop PMKP, bisa memaksimalkan lagi pelayanan di RSUD Asy Syifa,” Demikian tutupnya. (Enk. Radio Arki)

Related posts

Komisi III DPRD KSB ’Sorot’ Kerjasama PTAMNT- Macmahon

ArkiFM Friendly Radio

PB Pertina Apresiasi Prestasi Pertina NTB

ArkiFM Friendly Radio

Prioritas Dana Desa 2021 Sesuai SDGs

ArkiFM Friendly Radio

Leave a Comment