ARKIFM BERITA NASIONAL

DPR: angket Ahok tidak terpengaruh fatwa MA

Jakarta (ANTARA News) – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Fadli Zon mengatakan pengajuan hak angket “Ahok Gate” tidak terpengaruh hasil tafsir dari fatwa Mahkamah Agung, sehingga tetap bisa bergulir.

“Fatwa MA kan bukan urusan kami, fatwa MA juga tidak mengikat, tidak punya ikatan hukum,” katanya di Gedung DPR, Jakarta, Selasa.

Dia mengatakan hak angket adalah proses politik yang dilakukan DPR untuk fungsi pengawasan terhadap pelaksanaan dari sebuah undang-undang sedangkan fatwa MA adalah urusan hukum.

Politisi Partai Gerindra itu menjelaskan bahwa Fatwa MA itu bidang yudikatif sementara itu DPR bidangnya legislatif sehingga keduanya berbeda.

“Menurut saya yang harus dijalankan DPR ini penggunaan hal yang dijamin konstitusi sebagai fungsi pengawasan,” ujarnya.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, Selasa, mengaku telah menyampaikan surat permohonan pendapat hukum ke Mahkamah Agung ihwal pro dan kontra penonaktifan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama yang telah berstatus terdakwa.

“Sudah kami sampaikan ke sekretariat MA,” ujar Tjahjo melalui keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Tjahjo mengatakan awalnya berniat menemui Ketua MA secara langsung. Namun berhubung MA sedang melakukan rapat paripurna, maka dirinya memutuskan menyampaikan surat permohonan pendapat hukum itu melalui sekretariat MA.

 

Selasa, 14 Februari 2017 13:26 WIB | 3.575 Views

Pewarta: Imam Budilaksono

Editor: Unggul Tri Ratomo

 

(Sumber:ANTARA 2017)

 

Related posts

Bayi Hilang Korban Sampan Terbalik Di Sungai Banjar Ditemukan

ArkiFM Friendly Radio

Masyarakat Diminta Hati-Hati Dengan Isu SARA

ArkiFM Friendly Radio

Diduga Ada Perbedaan Perlakukan Peserta Lomba Drum Band Asal KSB

ArkiFM Friendly Radio

Leave a Comment