ARKIFM NEWS

Petani Rumput Laut Kertasari Bakal Terima Bantuan Rp 260 Juta

Sumbawa Barat. Radio Arki- Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP)  Kabupaten Sumbawa Barat akan memberi bantuan kepada petani rumput laut, di desa Kertasari Kecamatan Taliwang, Sumbawa Barat berupa bibit ramput laut dengan total anggaran sebesar Rp 260 Juta.

Demikian diterangkan, kepala dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sumbawa Barat, Ir.L. Muhammad Azhar kepada www.arkifm.com, belum lama ini.

“petani rumput laut desa kertasari merupakan salah satu penghasil rumput laut dengan kualitas terbaik di Indonesia. Sayangnyam kemarin sempat mengalami  kerusakan yang di akibatkan cuaca ekstrim dan arus yang kaut” ujarnya.

“cuaca ektrim dan kuatnya arus laut tersebut menyebabkan kerusahaan bibit rumput laut daerah setempat”timpalnya.

Dikatakan Azahar, pihaknya sudah langsung melakukan penijauan lokasi pembudidayaan rumput laut desa Kertasari. Untuk itu berdasarkan hasil tinjauan tersebut, ia berjanji akan segera mengelontorkan bantuan berupa uang untuk membeli bibit dan pembudidayaan rumput laut di Kertasari.

Ia berharap, kondisi cuaca ekstrim yang terus menjadi penyebab utama kerusakan bibit rumput laut di daerah itu harus segera dipikirkan langkah solusinya. Baik itu dengan penyiapan bantuan hibah untuk pembelian bibit rumput luat yang baru dan lebih bertahan dengan cuaca ekstrim.

“saya minta petani bersabar karena bibit rumput laut sedang kami usahakan, dan segera kami distribusikan” terangnya.

Labih lanjut Azhar mengungkapkan, telah berkoordinasi dengan Balai Budidaya Laut dan Ocean Pres untuk mencarikan bibit yang sesuai dengan kenginan petani rumput laut kertasari, artinya bibit yang memang mempunyai daya tahan lebih kuat dengan cuaca ekstrim.

“Saat ini, bibit tersebut ada di Provinsi NTT. Ddan akan tiba sekitar bulan April, rincianya adalah ada 4 kelompok tani yang rencananya dibantu.”ungkapnya.

“selain itu, kami juga akan memberi bantuan berupa perahu khusus untuk membawa rumput laut sebanyak 64 unit. Dan itu bagian dari Program PDPGR, artinya dengan syarat menabung di bank dengan rekening Pribadi. Jadi dengan sejumlah bantuan tersebut, kami mengharapkan pertanian rumput laut desa Kertasari bisa lebih baik.” Tukasnya. (Amroni. Radio Arki)

Related posts

Lama Tak Beroperasi, RPH Poto Tano Mulai Potong 500 Ekor Sapi

ArkiFM Friendly Radio

Program Seragam Gratis Diminta Konversikan Kepada Peningkatan Infrastuktur Pendidikan

ArkiFM Friendly Radio

Program TKI Disnaker Kota Mataram Dinilai Tidak Produktif

ArkiFM Friendly Radio

Leave a Comment