ARKIFM NEWS

Tempat Wisata di KSB Mulai Menerapkan Protap Kesehatan

Foto : Wabup saat membuka destinasi wisata berdasarkan protokol Covid-19. (Ist)

Sumabwa Barat. Radio Arki – Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) mulai menerapkan prosedur tetap (protap) kesehatan di lokasi wisata, berbasis cleanliness, health and safety. Penerapan protap dilakukan, untuk mendukung sektor pariwisata di masa pandemi Covid-19.

Wakil Bupati Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin, ST, didampingi Forkopimda KSB dan Camat Poto Tano membuka langsung destinasi wisata dengan menerapkan protokol kesehat Covid-19, Jum’at malam (26/6) di Wisata Bukit Mantar.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup mengatakan bahwa dengan dibukanya destinasi wisata sambut new normal, maka penerapan protokol kesehatan di lokasi wisata wajib diberlakukan.

“Kita buka tepat wisata dengan menerapkan new normal, artinya bisa kita berwisata tentu dengan menerapkan protokol kesehatan. Misalnya wisatawan diwajibkan menggunakan masker dan cuci tangan. Jika tidak punya masker, Pokdarwis bisa menyiapkan jasa peminjaman masker,” kata Wabup.

Selain itu, kata Wabup, cara keluar masuk di lokasi wisata bisa dengan menghindari satu pintu. Artinya dengan memberikan jarak antara jalan masuk dan jalan keluar. jika mau gak mau jalan keluar dan jalan masuknya satu, maka harus menerapkan sistem antrian.

“Penerapan physical distancing, juga menjadi suatu hal yang harus di atur dan diawasi. Pokdarwis buat saja aturannya nanti, bisa berkoordinasi dengan Pemerintah Desa,” ujar Wabup, dihadapan puluhan pengurus Pokdarwis Mantar.

Selain mendorong penerapan protokol kesehatan menyambut new normal, Wabup juga meminta kepada Pokdarwis agar mampu membangun kerjasama yang saling menguntungkan dengan pengusaha yang ada di Desa Mantar.

“Pokdarwis dan Pemdes harus bisa membangun semangat kerjasama dengan pengusaha. Misalnya dengan pemilik penginapan atau homestay. Pokdarwis bisa menyiapkan segala bentuk kebutuhan homestay. Begitu pula dengan usaha yang lainnya” jelas Wabup.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup membagikan berbagai bantuan kepada Pokdarwis, diantaranya masker, hand sanitizer, termo gan, hingga baju robot. Selain itu Wabup juga menyerahkan bantuan sembako kapada semua pengurus Pokdarwis Mantar. (Enk. Radio Arki)

Related posts

HMI Beri Catatan Nana Sudjana

ArkiFM Friendly Radio

Patgab TNI, Polri dan KPH Batu Lante Kembali Amankan 66 Batang Kayu Jati

ArkiFM Friendly Radio

AHL Basno Digelar di KSB, Bupati : Kepala Daerah Se Indonesia Akan Hadir

ArkiFM Friendly Radio