ARKIFM NEWS

Gandeng Kementan RI, SMKN 1 Brang Ene Beri Edukasi Para Petani

Foto: Tampak para petani antusias mengikuti rangkaian kegiatan Bimtek. (Ist)

Sumbawa Barat. Radio Arki – SMKN 1 Brang Ene, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk petani, Senin (13/9). Kegiatan yang merupakan program dari Kementerian Pertanian RI melalui Dirjen Ketahanan Pangan itu, diikuti oleh puluhan petani yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat.

Kepala SMKN 1 Brang Ene, Nurjihad, S.Ag.,M.Pd saat jumpa pers mengatakan, kegiatan Bimtek digelar bertujuan untuk meningkatkan kapasitas para petani yang ada di Sumbawa Barat. Hal tersebut juga bagian dari upaya mendorong peningkatan hasil produksi dan penerapan teknologi pertanian untuk para petani.

“Melalui SMKN 1 Brang Ene, kita ingin kemampuan dan kapasitas petani dalam berusaha tani terus meningkat. Termasuk dalam transfer teknologi kepada petani, sehingga dapat bekerja secara professional, mandiri, modern, serta bisa bersaing secara global,” katanya.

Dalam kegiatan kali ini, SMKN 1 Brang Ene melibatkan beberapa pihak. Mulai dari Dirjen Ketahanan Pangan Kementan RI, DPR RI Komisi IV, Polbangtan, BPTP NTB, Fakultas Teknik Pertanian UTS, Dikbud NTB, Kodim 1628 KSB dan pastinya dengan Dinas Pertanian KSB sebagai bagian dari kemitraan. Kegiatan Bimtek ini juga, kata Nurjihad, menjadi salah satu langkah bagi SMKN 1 Brang Ene memaksimalkan kemitraan dengan berbagai pihak.

Foto: Panitia Bimtek dan siswa SMKN 1 Brang Ene. (Ist)

“Selain dari unsur pemerintah, kita juga libatkan praktisi pertanian dari UTS. Pesertanya juga adalah orang tua siswa tang berprofesi sebagai petani. Jadi sengaja kita libatkan, agar orang tua paham bahwa sekolah ini bukan sekolah biasa. SMKN 1 Brang Ene akan selalu berfikir bagaimana menyuguhkan yang terbaik, sehingga menjadi sekolah yang diperhitungkan,” bebernya.

Seperti diketahui, ada Empat materi yang disampaikan oleh para narasumber. Untuk materi pertama disampaikan oleh perwakilan Dikbud NTB, dengan materi sinergitas pendidikan vocasional dengan program pembangunan pertanian di Sumbawa Barat. Materi kedua disampaikan oleh praktisi pertanian UTS, dengan materi pengembangan teknologi hasil pertanian. Sementara untuk pemateri tiga dan empat, disampaikan oleh perwakilan Dinas Pertanian KSB dengan materi teknis dan materi lanjutan.

Dalam pantauan arkifm.com, siswa SMKN 1 Brang Ene juga memamerkan karya hasil pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan di kegiatan Bimtek. Sementara itu, para petani yang menjadi peserta tampak antusias dalam mengikuti pelaksanaan Bimtek ini. Selain mereka mendapatkan ilmu dan inovasi baru yang disampaikan oleh para narasumber, mereka juga dapat berbagi dan menyampaikan harapan mereka kedepannya, demi kemajuan pertanian di Sumbawa Barat. (Enk. Radio Arki)

Related posts

Peduli Recovery Lombok, 100 Kedubes Untuk Indonesia Beri Bantuan

ArkiFM Friendly Radio

Danrem Imbau Masyarakat Patuhi Kebijakan Pemerintah Tentang Penanganan Covid-19

ArkiFM Friendly Radio

Satlantas KSB Bakal Prioritaskan Pendekatan Humanis Untuk Penegakan Hukum

ArkiFM Friendly Radio