ARKIFM NEWS

Keren! Easy Passport Program Pengajuan Pasport di Masa Pandemi

Foto: Sosialisasi Program easy passport

Sumbawa Barat. Radio Arki – Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar, Kanwil Kemenkumham NTB, mengadakan kegiatan sosialisasi, Eazy Passport di Kabupaten Sumbawa Barat, Jumat (15/10).

Layanan Eazy Passport, merupakan suatu inovasi di masa pandemi Covid-19 dalam rangka meningkatkan pelayanan paspor kepada masyarakat. 

“Eazy Passport merupakan pelayanan paspor yang dilaksanakan di luar Kantor Imigrasi dan menuju lokasi pemohon dengan menggunakan mobile unit Surat Perjalanan Republik Indonesia (SPRI),” kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar, Pungky, melalui Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, Erna Loreta Silalahi, Sabtu (16/10).

Hal tersebut kata Loreta, merujuk dari Surat Edaran Plh. Direktur Jenderal Imigrasi Nomor : IMI-1060.GR.01.01 Tahun 2020 tentang Layanan Eazy Passport serta Surat Edaran (SE) Dirjen Imigrasi Nomor IMI-GR.01.01-0946 Tahun 2020 tentang pelaksanaan tugas dan fungsi keimigrasian dalam masa tatanan normal baru.

Loreta menyatakan, banyak kemudahan yang dapat diperoleh masyarakat melalui layanan Eazy Passport. Dengan layanan ini, kelompok masyarakat bisa mengajukan permohonan paspor secara kolektif untuk perkantoran pemerintah/ TNI/ Polri/BUMN/swasta, warga perumahan, dan komunitas atau organisasi. 

“Untuk sosialisasi program ini, kita mengahdirkan beberapa instansi pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat diantaranya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Pemuda olahraga dan pariwisata, Kementerian Agama, Camat Taliwang, Lurah Sekabupaten Sumbawa Barat dan Pengurus Travel Umroh,” katanya.

Untuk menyampaikan program ini, Kantor Imigrasi Sumbawa, menghadirkan Kepala Subseksi Teknologi Informasi Keimigrasian Aris Reski, serta Analis Keimigrasian M. Iqbal dan Takbir Remalanda, sebagai narasumber.

Pemohon yang ingin mendapatkan layanan Eazy Passport tersebut, lanjut Loreta, cukup mengajukan permohonan ke Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar dan mendaftarkan peserta serta mengirimkan data permohonan persyaratan pembuatan paspor secara kolektif melalui aplikasi Si Pepo (Sistem Pendaftaran Eazy Passport Online). 

“Selanjutnya petugas kami akan menerima data permohonan masyarakat dan memeriksa sarana prasana untuk mendukung operasional perangkat mobile passport di tempat yang akan dilaksanakan layanan Eazy Passport,” kata Loreta lagi.

Ditambahkan, Kegiatan perdana Eazy Passport, akan dilaksanakan pada tanggal 25 dan 26 oktober 2021 dalam rangka memperingati Hari Dharma Karyadhika dan sekaligus sebagai soft opening Unit Kerja Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar di Kecamatan Taliwang.

“Penyelesaian Unit Kerja Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar sudah mulai rampung dan diagendakan mulai beroperasi ditahun 2022 mendatang,” tandasnya. (Rls. Radio Arki)

Related posts

Segenap Management PT Kencana Jaya Pertiwi Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1443 H

Tiga Investor Lirik Gili Tangkong Lobar Jadi Mitra Kerja Strategis

ArkiFM Friendly Radio

Kekeringan, HMI dan Polres KSB Gelar Baksos Pembagian Air Bersih

ArkiFM Friendly Radio