ARKIFM NEWS

Dikbud Inisiasi Kegiatan Pelatihan Kreasi Seserahan

Foto: Sajadah, S.Sos.,M.Si

Sumbawa Barat. Radio Arki – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), akan menggelar kegiatan pelatihan kreasi seserahan perkawinan adat Samawa dari tanggal 1 sampai 2 Desember 2021, di aula Hotel Andi Graha.

“Insyaallah Besok kita akan menggelar kegiatan kreasi seserahan perwakinan. Dimana sasarannya adalah 72 ibu ibu PKK dari semua Kelurahan di KSB,” kata Kepala Bidang Kebudayaan, Sajadah, S.Sos.,M.Si di ruang kerjanya, Selasa (30/11).

Kreasi Seserahan pernikahan, kata Sajadah, merupakan sesuatu yang sering dianggap enteng, padahal cukup krusial di masyarakat.

“Entengnya karena selalu menjadi hal yang dianggap mudah dalam kegiatan adat Sumbawa, terutama saat ‘nyorong’. Akan tetapi menjadi krusial, ketika tiba masa diantara rumpun keluarga, tidak ada yang bisa merangkai seserahan itu. Disaat itulah mereka membutuhkan orang lain yang bisa membantu, bahkan rela dibayar,” jelas Ajad, sapaan akrabnya.

Melalui kegiatan ini, kata Ajad, maka membangun kembali semangat kreatifitas ibu ibu ketika berkumpul. Selain itu, diharapkan akan muncul model model kreasi yang baru nantinya, serta lebih familiar di masyarakat, sebagai bentuk ungkapan dari kegembiraan dan rasa syukur.

“Itulah lebihnya budaya Sumbawa. Dimana mengungkapkan kegembiraan dalam bentuk rupa, membuktikan bahwa Sumbawa sangat tinggi cara berdiplomasinya. Kalau masyarakat modern modern itu biasa, tapi masyarakat kita membungkus ruang bahagia dengan cara yang unik,” ungkapnya.

Dengan adanya kegiatan ini pula, ibu ibu ditingkat RTnya masing masing bisa langsung mempraktekkan apa yang diterima selama pelatihan. Apalagi pelatihan akan melibatkan narasumber yang ahli dan telaten di bidang kreasi sesrahan. (Enk. Radio Arki)

Related posts

Tiga Jabatan di Polresta Mataram Berganti

ArkiFM Friendly Radio

Kantor Pusat Bank NTB Syariah Mulai Dibangun

ArkiFM Friendly Radio

Persiapan dan Pembangunan Bandara di Kiantar Ditanggung Penuh Investor

ArkiFM Friendly Radio