ARKIFM NEWS

Pelayanan Puskel Sasar Siswa SD Hingga SMA

Foto: Para siswi antusias mengambil buku di Puskel.

Sumbawa Barat. Radio Arki – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (ARPUS) Kabupaten Sumbawa Barat, sejak Oktober lalu sudah mulai megintensifkan layanan perpustakaan keliling (Puskel).

Layanan yang menyasar siswa SD hingga SMA tersebut, diketahui sebelumnya sempat terhenti lantaran pandemic Covid-19.

Kepala Arpus KSB, Ir. Abdul Muis, MM mengatakan, pelayanan perpustakaan bagi, baik dengan mendatangi perpustakaan maupun memanfaatkan mobil Perpustkaan Keliling telah normal sejak Oktober lalu.

“Dengan terkendalinya penyebaran Covid di KSB, menjadi pertimbangan Arpus melaksanakan pelayanan membaca dengan memanfaatkan mobil puskesmas keliling,” jelasnya, belum lama ini.
Pelayanan Perpustakaan keliling dilakukan, dengan mendatang sejumlah Satuan Pendidikan, baik yang jenjang Sekolah Dasar (SD), hingga Sekolah Menengah Atas (SMA).


Meski telah pelayanan dibuka, penerapan protokol kesehatan tetap diutamakan, terutama berkaitan dengan pembatasan jumlah pengunjung.


“Iya kita tetap melakukan pembatasan, mengingat saat ini masih dalam kondisi pandemi,” tambahnya.


Layanan puskel, lanjutnya, bisa memberikan layanan di 300 titik dalam setahun, jika dalam kondisi normal. Namun akibat pandemic, terutama layanan puskel yang baru dimulai Oktober, membuat target tersebut tidak tercapai.


“Meski begitu kita optimis layanan puskel akan kembali normal. Apalagi kita juga menerima permintaan atau undangan dari sekolah sekolah untuk dikunjungi. Bahkan, sebelumnya di desa terpencilpun tetap kita layani, seperti di Desa Talonang baru,” ungkapnya.


Diketahui, pelayanan puskel memanfaatkan dua unit mobil, dengan pelayanan perpustakaan yang dilaksanakan dari hari Senin sampai Rabu.


“Kedua armada puskel tersebut dimuati sekitar kurang lebih 500 eksemplar bahan pustaka yang mayoritas adalah buku untuk usia anak – anak Sekolah Dasar, karena sasaran puskel terbanyak adalah jenjang SD,” terangnya. (Enk. Radio Arki).

Related posts

106 Orang Ikuti Pendidikan Dasar PKPNU di Sumbawa Barat

ArkiFM Friendly Radio

Abdul Azis, SH., MH Resmi Dilantik Menjadi Panglima Birokrat Di KSB

ArkiFM Friendly Radio

Wabup Minta Masyarakat Brang Ene Dukung Penuh Pembangunan Bendungan Tiu Suntuk

ArkiFM Friendly Radio