NEWS

Pemdes Tepas Sepakat Siapkan Bantuan Ini Untuk Kelompok Tani …

Poto : kepala desa Tepas Sepakat, Khairuddin Ickas saat diwawancara arkifm.com

Sumbawa barat.Radio Arki- Pemerintah Desa Tepas Sepakat melalui dana desa menganggarkan bantuan mesin air untuk kelompok tani di wilayah tadah hujan. Anggaran tersebut pasalnya dicanangkan untuk melakukan penguatan ketahanan pangan.

Demikian diungkapkan kepala desa, Tepas Sepakat, Kecamatan Brang Rea, Khairuddin, kepada media ini, Senin (24/11) siang tadi, di ruang kerjanya.   

“program ini akan dianggarkan melalui pos anggaran Dana Desa. Program ini sangat penting, karena dapat miningkatkan produksi dan pendapatan petani,” terangnya.

Selama ini untuk tadah hujan, lanjutnya, memang hanya dapat digarap sekali dalam setahun. Karena ketersediaan air. Jadi dengan adanya mesin pompa air disejumlah titik tersebut, maka sudah pasti akan dapat membantu dalam menopang kekurangan air pada sejumlah titik di wilayah tadah hujan itu.

Lebih lanjut ia menjelaskan, ketersediaan air untuk kebutuhan pertanian  di wilayah Tepas Sepakat, selama ini mengandalkan air dari bendungan  kalimantong II. Namun saluran irigasi itu, belum dapat sepenuhnya mengairi seluruh lahan pertanian, yang ada di desa yang mengandalkan pertanian, sebagai penopang pendapatan petani.

“insyallah sejumlah program lain juga kita siapkan untuk menopang pertanian, kita ingin pertanian menjadi matapencaharian warga yang bisa diandalkan untuk menopang kebutuhan keseharian warga,” ujar Ikas, demikian ia akrab disapa. (Iwenk. Radio Arki)

Related posts

Resmi Dilantik, Pengkab Angkat Tagline ‘PTMSI Jaya, KSB Juara’

ArkiFM Friendly Radio

Ribuan Massa NW Anjani Gedor Kantor Kemenkumham NTB

ArkiFM Friendly Radio

Babinsa Woro dan Anggota KPH Sigap Bantu Atasi Karhutla

ArkiFM Friendly Radio