ARKIFM NEWS

KSB Dapat Tempat Istimewa di Puncak Hari Pers Nasional

Foto: Bupati KSB foto bersama dewan juri AK-PWI, di Gedung Dewan Pers Jakarta, (16/12).

Sumbawa Barat. Radio Arki – Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) mendapat tempat istimewa di puncak acara peringatan Hari Pers Nasional (HPN) yang akan dilaksanakan di Kendari, Sulawesi Tenggara, 7 – 9 Februari 2022 mendatang.

Keistimewaan itu tidak lepas dari keberhasilan Bupati KSB, HW Musyafirin, meraih Anugerah Kebudayaan Persatuan Wartawan Indonesia (AK – PWI). Trofi Abyakta, trofi AK-PWI akan diserahkan di puncak peringatan HPN tanggal 9 Februari.

Acara penyerahan trofi ini rencananya akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, para Menteri, para Duta Besar negara sahabat, para Gubernur se-Indonesia, para pengusaha, serta ratusan media nasional dan lokal serta tamu undangan lainnya.

“Sebagai penerima trofi Abyakta AK-PWI, Pak Bupati juga dijadwalkan menjadi salah satu pembicara kunci dalam dialog kebudayaan pada 8 Februari. Beliau diminta untuk mempresentasikan Budaya Siru’ (gotong royong) yang menjadi roh pembangunan di KSB dan terbukti efektif dalam pelaksanaan program pembangunan yang partisipatif, transparan dan akuntabel,” jelas Ketua PWI KSB, Hairil W. Zakariah.

Selain itu, sebagai daerah yang pemimpinnya berhak atas AK-PWI, panitia nasional HPN 2022 Kendari juga mengundang secara khusus Tim Kesenian dari KSB untuk tampil di kegiatan Parade Seni AK-PWI yang akan dilaksanakan pada 7 Februari malam.

“Dialog kebudayaan dan Parade Seni menjadi rangkaian acara puncak HPN 2022. Ini momentum yang sangat tepat untuk dimanfaatkan semaksimal mungkin dalam rangka promosi daerah, termasuk memperkenalkan Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong (PDPGR) ke seluruh Indonesia,” imbuh Hairil.

Terpisah, Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) KSB, Ajad Sajadah, menjelaskan, pihaknya saat ini sedang mempersiapkan seni ‘Sakeco’ yang dikolaborasikan dengan alunan ‘Serune’.

“Secara umum, sakeco yang akan ditampilkan berisi syair tentang keberhasilan program gotong royong di KSB yang dipadukan dengan alunan serune dan sedikit koreografi. Kita juga mempersiapkan video khusus sebagai pendukung selama pementasan berlangsung. InsyaAllah Tim Kesenian KSB akan menyajikan penampilan yang spektakuler,” janji Ajad.

Bupati KSB, HW Musyafirin, merupakan yang pertama dan satu-satunya kepala daerah di NTB yang berhasil meraih Trofi Abyakta AK-PWI sejak pertama di gelar di HPN 2016 di Lombok. Untuk pelaksanaan tahun ini, Bupati KSB juga mencatatkan diri sebagai kepala daerah satu-satunya dari wilayah timur Indonesia yang berhasil meraih penghargaan bergengsi tersebut.

Kerberhasilan Pemda KSB melaksanakan berbagai perogram pembangunan, termasuk penanggulangan dampak bencana dan penanganan pandemi Covid-19 dengan konsep Siru’ (gotong royong) yang dipaparkan dalam proposal berjudul ‘Gotong Royong (Siru’) Menangkan Kesehatan dan Kemanusiaan di Kabupaten Sumbawa Barat’ dinilai dewan juri AK PWI sebagai sesuatu yang ikonik dan belum pernah muncul dalam pelaksanaan AK-PWI tahun-tahun sebelumnya. (Enk. Radio Arki)

Related posts

Danrem Wira Bhakti Pantau Pos Pam Lebaran Ketupat

ArkiFM Friendly Radio

Perbaikan Drainase di Sumbawa Barat Hanya Bisa Disentuh 20 Persen

ArkiFM Friendly Radio

Polres KSB Gelar Sertijab Kasat Resnarkoba

ArkiFM Friendly Radio