ARKIFM

Kombes Pol Helmi Pindah Tugas, HMI Badko Nusra Puji Dedikasinya untuk NTB

Foto: Muhamad Arif

Mataram. Radio Arki – Siapa yang tidak kenal Dir Resnarkoba Polda NTB. Kombes Pol Helmi Kwarta Kusuma Putra Rauf adalah sesosok pribadi tegas dalam memberantas kasus narkoba di NTB. Mulai dari kurir, hingga bandar kelas kakap telah berhasil digulungnya.

Ketua Bidang Infokom HMI Badko Nusra, Muhamad Arif menyampaikan ucapan terimakasih atas prestasi baiknya selama menjadi Dirnarkoba di Polda NTB. Berkat komandonnya, telah banyak kasus narkorba di NTB diberantasnya. Mulai dari kelas paling kecil hingga kelas kakap. Tentu semangat pemberantasan narkoba tersebut dari awal disambut baik semua pihak seperti Ormas dan Okp.

“Terimakasih sudah tinggalkan banyak kesan untuk generasi dari bahaya narkoba,”kata Muhamad Arif, Kamis (23/6).

Arif mencontohkan antara lain kasus yang melibatkan bos besar, seperti penyelendupan narkorba dari Banten ke NTB dengan melibatkan bos bandar besar setelah sebelumnya selalu lolos dari kejaran. Tetapi dengan kuatnya kerja tim, berhasil menggagalkan transaksi 1 Kg Sabu disalah satu Hotel di Senggigi.

“Itu saya contohkan sebagian kecil dari sekian banyak kasus yang berhasil diamankannya,” bebernya.

Menilik prestasi yang ditorehkan Dirresnarkoba Polda NTB sepanjang 2020 telah berhasil mengamankan 7. 378,06 Kg Sabu dan 3. 912, 95 Kg Ganja dengan angka tindak kriminal yang terjadi atau crime total (CT) sejumlah 83 kasus.

Dari sekian kasus tersebut, persentase penyelesaian crime clearance (CC) sebanyak 78 kasus yang berhasil diselesaikan. Lalu berangkat ke tahun 2021 hingga 2022 beberapa bagian tercatat kasus narkoba yang diamankan 1,19 gram Sabu di Lotim, 1 Kg Sabu di Lobar dan 366,77 Gram Sabu di dua TKP, yakni di Kota Mataram dan Lotim. Kemudian 300 gram atau 3 ons Sabu dari Malasya yang akan di edarkan ke Pulau Sumbawa.

Sehingga menurutnya, Kombes Pol Helmi Kwarta Kusuma Putra Rauf di NTB adalah iconik bagi generasi dalam memberantas narkoba.

“Beliau adalah Individu langka yang tidak banyak dimiliki orang lain. Optimismenya dalam memberantas narkoba tidak diragukan lagi. Selamat tinggal Kombes Pol Helmi semoga dengan amanah baru makin cemerlang,” ucapnya.

Sebagai informasi, sesuai telegram Kapolri Nomor: ST/1214/VI/KEP/2022 tertanggal 20 Juni 2022, Kombes Pol. Helmi diangkat dalam jabatan baru sebagai Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Sulawesi Selatan. (*)

Related posts

Dukcapil KSB Sosialisasikan Inovasi ‘Menata Asa’ di PA Taliwang

ArkiFM Friendly Radio

Budaya Bergeser, Wabup KSB : Harus Bijak Memanfaatkan Teknologi

ArkiFM Friendly Radio

Dharma Wanita Didorong Menjadi Contoh di Lingkungan Sekitar

ArkiFM Friendly Radio