ARKIFM NEWS

Dukcapil KSB Permudah Pelayanan Adminduk dengan Sehari Selesai

Foto: Kadis Dukcapil KSB, I Made Budi Artha

Sumbawa Barat. Radio Arki – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) terus memberikan pelayanan prima dengan mempermudah pelayanan kepada masyarakat.

“Kami selalu berupaya memberikan pelayanan terbaik, dengan memberikan pelayanan satu hari selesai dalam pengurusan administrasi penduduk (Adminduk),” kata Kepala Dinas Dukcapil KSB, I Made Budi Artha, S.Sos.,MM, belum lama ini.

Pelayanan satu hari selesai dalam pengurusan semua jenis pengurusan Administrasi Kependudukan, seperti KTP, KK dan lainnya. Selain itu, ditekankan juga bahwa semua pelayanam tidak dipungut biaya.

“Kalau mengurus Adminduk di Dukcapil KSB satu hari selesai. Datang pagi paling lama sore sudah selesai,” terangnya.

Pelayanan singkat ini dilakukan, sambung dia, dengan mempertimbangkan beberapa aspek. Di antaranya letak geografisnya yang cukup jauh, agar masyarakat selaku pemohon tidak bolak-balik. Namun ada kendala dalam pelayanan tersebut. Misalnya server mengalami gangguan atau mati listrik yang membuat mereka tidak bisa berbuat apa-apa.

“Kalau ada kendala, seperti listrik mati, maka kita menunggu terlebih dahulu hingga normal kembali. Atau kendala lainnya seperti gangguan server atau jaringan. Jika ada kendala tersebut maka secara otomatis, pelayanan terkendala. Akan tetapi hal tersebut jarang terjadi,” urai dia.

Sementara untuk kemudahan pelayanan, juga bisa dilakukan melalui whatsapps.

“Untuk KTP dan KIA cetaknya di kantor, sedangkan dokumen lainnya dapat mengirim data via whatsapp (WA) dan nanti dapat diprint sendiri menggunakan kertas A4. Mengenai keamanannya tidak perlu dikhawatirkan,” tutur dia.

Guna meminimalisir adanya masalah atau human error, masyarakat diminta bisa mengurus langsung Adminduk-nya agar bisa langsung mencocokkan nama dan alamatnya.

“Setiap pengurusan Adminduk di KSB gratis. Ini saya tekankan kembali karena masih ada saya dengar di lapangan masyarakat membayar untuk mengurus Adminduknya,” tukasnya. (Enk. Radio Arki)

Related posts

Kesulitan Finansial, PT AMNT Sudah Melakukan Berbagai Efesiensi?

Dugaan Penghinaan TGB, DPC Demokrat KSB Meminta Kader Tidak Emosional

ArkiFM Friendly Radio

Sambangi Warga Kurang Mampu, Kohati Sumbawa Barat Bagi Takjil Puasa

ArkiFM Friendly Radio