ARKIFM NEWS

Buka Job Fair Tahap II, Amar: Pemda Optimalkan Terbukanya Lapangan Kerja

Foto: Sekda Sumbawa Barat, Amar Nurmansyah

Sumbawa Barat. Radio Arki – Sekretaris Daerah Sumbawa Barat, Amar Nurmansyah, ST.,M.Si mengungkapkan, urusan ketenagakerjaan di Sumbawa Barat menjadi perhatian penting dari Pemerintah.

Ada tiga tugas Pemerintah dalam ketenagakerjaan. Pertama mengusahakan lowongan kerja sebesar besarnya, kedua menyiapkan angkatan kerja, ketiga memastikan jaminan ketenagakerjaan.

Hal itu disampaikan Amar, pada saat membuka kegiatan Job Fair gotong royong tahap II, di Hanipati Resto, Selasa (29/11).
Terkait mengusahakan lowongan kerja, sambung Amar, satu satunya yang pemerintah lakukan adalah mengusahakan sebesar besarnya investasi ada di Sumbaa Barat.

“Dengan adanya investasi, maka tenaga kerja baru otomatis dibutuhkan,” jelas Amar.

Langkah kongkret lainnya, lanjut Amar, bagaimana mengusahakan inisiasi Pemernitah Daerah, agar bagaimana smelter beserta industri turunannya ada di Kecamatan Maluk.

“Dibangunnya pembangkit listrik tenaga gas dan penyulingan air laut menjadi air tawar, juga membutuhkan tenaga kerja. Belum lagi peluang penggerak UMKM. Jadi Smelter sebagai induk dan industri turunan mengikuti,” katanya.

Sementara itu, terkait perekrutan tenaga kerja melalui tim terpadu, dilakukan untuk kebutuhan konstruksi selama 2 tahun lebih. Ada juga untuk operasionalnya jangka panjang. 

“Untuk persiapan itu prosesnya panjang. Disnaker bahkan sudah study banding ke Gresik beberapa waktu lalu. Hal itu kita lakukan untuk penyiapan tenaga kerja yang professional. Kita tawarkan kerjasama ke mereka (PT. AMIN dan PT AMMAN) untuk menyiapkan tenaga kerja menyambut operasional kawasan industry,” tandas Amar. (Enk. Radio Arki)

Related posts

Jelang Pelantikan Presiden, NU KSB Imbau Warga Jaga Kondusifitas

ArkiFM Friendly Radio

Listrik dan Air Bersih Warga KSB Dioptimalkan Lancar Selama Ramadhan

ArkiFM Friendly Radio

PT. AMNT Serahkan Bantuan ke Gugus Tugas Penanganan Covid-19 KSB

ArkiFM Friendly Radio