ARKIFM NEWS

Job Fair Tahap II, Target Serapan Tenaga Kerja 136 Orang

Foto: Kadisnakertrans saat menyampaikan laporan kegiatan job fair.

Sumbawa Barat. Radio Arki – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), menggelar Job Fair tahap II, di Hanipati Resto, Selasa (29/11).

Pada pelaksanaan job fair yang digelar hanya sehari, target penyerapan tenaga kerja sebanyak 136 orang yang akan direkrut oleh 6 perusahaan yang membuka lowongan kerja pada job fair tahap II.

“Target tenaga kerja yang dibutuhkan sebanyak 136 orang untuk semua perusahaan. Adapun jumlah job yang ditawarkan sejumlah 32 jenis pekerjaan,” kata Kepala Disnakertrans KSB, Ir. H. Muslimin.


Job fair gotong royong tahap II ini, kata dia, dapat terlaksana berkat kerjasama Disnakertrans dengan mitra dari PT. AMIN dan PT. Amman Mineral yang ada di kawasan industry di kecamatan Maluk.

“Kita laksanakan job fair secara terbuka, guna mendekatkan perusahaan dengan calon pekerja,” kata Dia.

Dijelaskan, kegiatan job fair kali ini merupakan kegiatan lanjutan dari pelaksanaan job fair yang pertama. Ada 6 perusahaan yang terlibat dalam Job Fair kali ini, yakni PT. JEL, PT. MIA, PT. REKSAME, PT. ISS  dan PT. Indomarco.

“Adapun jumlah job yang ditawarkan sebanyak 32 golongan atau jenis pekerjaan,” tambah dia. 

Ia mengungkapkan, dalam pelaksanaan job fair tahap pertama dari target tenaga kerja 367 orang, hanya 262 orang yang diterima atau terealisasi sekitar 71 persen. Hal itu disebabkan karena, sedkitnya minat tenaga kerja pada job desk tersebut.

“Dari PT Virtus yabg ditempatkan di luar daerah misalnya, dari target 100 orang hanya beberapa orang saja yang melamar, itupun tidak memenuhi persyaratan. Begitu pula dengan alfamart, dari target 100 orang yang terealisasi hanya 8 orang,” ungkap dia.

Ia berharap, pelaksanaan job fair tahap II bisa memenuhi target yang dibutuhkan oleh perusahaan.

“Mudah mudahan dengan adanya job fair tahap dua ini, kita dapat memenuhi target yang ditetapkan, yakni sebanyak 136 orang. Sembari kita menunggu rekrutmen untuk smelter tahap II yang rencananya dibuka diakhir tahun atau awal tahun 2023,” tandasnya.  

Sementara itu, Sekretaris Daerah Sumbawa Barat, Amar Nurmansyah, ST.,M.Si membuka langsung kegiatan Job Fair tahap II. Pemerintah, kata Amar, terus mengupayakan terciptanya lowongan kerja sebesar besarnya.

“Terkait mengusahakan lowongan kerja, satu satunya yang pemerintah lakukan adalah mengusahakan sebesar besarnya investasi ada di Sumbawa Barat. Dengan adanya investasi, maka peluang kerja otomatis terbuka lebar,” tandas Sekda. (Enk. Radio Arki)

Related posts

Pelantikan Badko Nusra, Bendum PB HMI Sentil Berakhirnya Era Aktivis

ArkiFM Friendly Radio

Sumbawa Barat Masuk Daftar Teratas Penerima Bantuan Jepang

ArkiFM Friendly Radio

Memo Isolasi di Zona Merah Belum Disetujui

ArkiFM Friendly Radio