ARKIFM NEWS

Amar Sebut Angka Pengangguran Terbuka di KSB Menurun

Foto: Sekda pose bersama Kadisnakertrans, Wakapolres dan perwakilan perusahaan pesetta job fair tahap II.

Sumbawa Barat. Radio Arki – Sekretaris Daerah Sumbawa Barat, Amar Nurmansyah, ST.,M.Si mengatakan, angka pengangguran terbuka di Kabupaten Sumbawa Barat menurun hingga 4,56 persen.

“Ada rilis BPS bulan kemarin, tingkat pengangguran terbuka kita yang tahun kemarin 5,52 persen turun ke 4, 56 persen,” kata Amar, dalam pembukaan Job Fair Gotong Royong tahap II, di Hanipati Resto, Selasa (29/11).

Amar tidak menjelaskan berapa angkatan kerja di Sumbawa Barat di tahun 2022 dan berapa persen serapannya, ia hanya menjelaskan bahwa angka pengangguran terbuka menurun lantaran adanya perekrutan tenaga kerja, baik itu melalui job fair tahap pertama, maupun rekrutmen satu pintu.

“Saya apresiasi kepada perusahaan di kawasan industry yang sudah menyerap tenaga kerja. Padahal kita baru memulai 3 bulan terakhir,” kata Amar.

Untuk memaksimalkan serapan tenaga kerja, kata dia, Sekda meminta kepada Camat untuk membantu menyebarkan informasi setiap adanya lowongan kerja kepada masyarakat.

“Kadang kala yang menjadi kelemahan pemerintah adalah, kurang maksimal menginformasikan lowongan kerja ke pencari kerja. Silahkan nanti pak camat dibantu untuk disampaikan ke masyarakat,” pinta dia.

Hal tersebut, kata Amar, sesuai dengan tiga tugas Pemerintah dalam ketenagakerjaan. Pertama mengusahakan lowongan kerja sebesar besarnya, kedua menyiapkan angkatan kerja, ketiga memastikan jaminan ketenagakerjaan.

“Satu satunya yang pemerintah lakukan adalah, mengusahakan sebesar besarnya investasi ada di Sumbaa Barat. Dengan adanya investasi, maka rekrutmen akan dibuka,” tandas Amar. (Enk. Radio Arki)

Related posts

Ekspedisi Rinjani, KNPI KSB Ingin Awali ‘Gerakan Kantong Sampah’

ArkiFM Friendly Radio

Pembangunan Smelter Di Sumbawa Barat Semakin Menguat

ArkiFM Friendly Radio

Cemburu Buta, Pria Ini Lakukan Penganiayaan

ArkiFM Friendly Radio