ARKIFM NEWS

Peringatan HUT NTB Jadi Momen Spesial Bagi Desa Lamunga

Foto: Ilustrasi

Sumbawa Barat. Radio Arki – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) ke 64 tahun, jadi moment spesial bagi Desa Lamunga, Kecamatan Taliwang. Pasalnya, Kemendagri akan menyerahkan secara langsung kode registrasi Desa, sebagai Desa definitif kepada Pemerintah Desa Lamunga.

“Kita dijanjikan di HUT NTB, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan memberikan SK Mendagri terkait dengan kode registrasi desa,” kata Kabid Pemerintahan Desa pada DPMPD KSB, Rizki Syahputra, S.IP, Kamis (1/12).

Sebenarnya nomor kode desanya, kata Rizki atau islitlah motor itu ‘platnya’ itu sudah ada, tinggal ‘BPKBnya’ saja. “Nah, yang diserahkan besok di HUT NTB itu ‘BPKBnya’,” tambahnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Desa Lamunga, Kecamatan Taliwang, secara resmi dinyatakan definitif, pada Senin (26/9).

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Wakil Kemendagri, menyerahkan langsung kode Administrasi Pemerintahan Desa kepada sebanyak 199 Desa Se-Indonesia, salah satunya Desa Lamunga.

Penyerahan kode Administrasi Pemerintahan Desa Lamunga, berlangsung dalam acara Penyerahan Kode Administrasi Pemerintahan Desa, bertempat di Gedung Sasana Bhakti Praja, Kemendagri. Dengan diserahkannya kode administrasi desa, maka secara resmi Desa Lamunga dinyatakan definitif.

Kendati telah dinyatakan definitive, penganggaran Dana Desa 2023 untuk Desa Lamunga masih belum bisa secara mandiri. Artinya masih mendapatkan 30 persen dari desa induk (Desa Batu Putih).

“Masih dari desa induk, karena kode desa keluarnya setelah pembahasan anggaran. Di tahun 2024, desa lamunga baru bisa mandiri dalam pengelolaan keuangannya,” tandas Rizki. (Enk. Radio Arki)

Related posts

Forum Wartawan Pemprov dan DPRD NTB Desak Sekda Tegur Kasat Pol PP NTB

ArkiFM Friendly Radio

Kawal STBM, Agen PDPGR Diminta Pantau Penerapan di Lapangan

ArkiFM Friendly Radio

Selama 14 Hari Kedepan, Polres KSB Gelar Operasi Keselamatan Gatarin

ArkiFM Friendly Radio