ARKIFM NEWS

Pemda Sumbawa Barat Gelar Acara Peringatan ‘May Day’

Sumbawa Barat. Radio Arki – Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) menggelar acara peringatan hari buruh Internasional (May Day) yang jatuh pada tanggal 1 May 2023.

Kegiatan yang difasilitasi oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) dan dilaksanakan di Taman Tiang Nam, Senin (1/5) tersebut, didukung oleh Perusahaan yang bergerak di lingkar tambang, serta beberapa Serikat Buruh yang ada di KSB diantaranya, SBSI, SPSI, SPAT dan SPN.

Kepala Disnakertrans KSB, H. Muslimin menjelaskan sejarah perayaan hari buruh di Indonesia di awali pada tanggal 1 mei 1918 pada masa Hindia Belanda yang di prkarsai oleh Serikat Buruh Kung Tang Hwee.

Peringatan hari buruh seiring dengan tuntutan buruh yang pada saat itu, dimana harga sewa buruh tanam agar jangan terlalu rendah. Kemudian di masa Presiden SBY May Day di jadikan sebagai hari libur nasional.

Lebih jauh, H. Muslimin memaparkan pembangunan pabrik smelter di Kecamatan Maluk yang sedang berlangsung. Terkait kebutuhan tenaga kerjanya, dibutuhkan tenaga kerja total sebanyak 120 orang untuk non skil dan semi skil yang didominasi 70 sampai 80 % tenaga kerja lokal.

Berdasarkan laporan Tim Terpadu, bahwa untuk 245 orang yang diperkerjakan pada perusahaan PT PIL, PT. KTI, dan PT. JGC dan masing-masing bersama mitra bisnisnya. Dari total 779 orang yang telah mengikuti proses wawancara pada gelombang pertama, terdapat sisa 534 dan sekarang sedang berproses melalui gelombang ke II.

“dengan adanya serapan tenaga kerja, Alhamdulillah Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) KSB pada akhir tahun 2022 yang berada pada angka 4,56 %, turun 0,96 % dari tahun 2021 yaitu sebesar 5,52 %,” bebernya.

Sementara itu, Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W Musyafirin, MM menegaskan pentingnya kebersamaan dalam menjanlankan tugas dan tanggungjawab. Segala perbedaan yang ada, kata Bupati, bisa dikelola dengan kebersamaan dan persatuan.

“Kita memang menghadapi tantangan besar. insyAllah dengan adanya Smelter, angka pengangguran akan turun secara signifikan,” tandasnya.

Kegiatan ditutup dengan pembagian Dorr Prize dan penyerahan bantuan kepada anak yatim piatu dan terlantar. (Enk. Radio Arki)

Related posts

PT. Ziad Kamula Sejahtera Grup Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H

ArkiFM Friendly Radio

Tidak Ada Obat-Obatan Ilegal Beredar Di Sumbawa Barat

ArkiFM Friendly Radio

Mesin Pemenangan Prabowo Gibran di Sumbawa Barat Mulai Dikonsolidasikan

ArkiFM Friendly Radio