ARKIFM

Peserta Lomba Penelitian Ikuti Technical Meeting

Sumbawa Barat. Radio Arki – Peserta lomba penelitian 2023 berlanjut ke tahap berikutnya. Kali ini, peserta mengikuti technical meeting yang dilaksanakan oleh Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), di Aula Hanipati Resto, beberapa waktu lalu.

“Kemarin ada 112 orang beserta dari masing masing kategori mengikuti technical meeting. Selanjutnya tinggal presentasi tanggal 17 – 21 Mei 2023 di Kampus Universitas Cordova,” kata Kabid Penelitian dan Pembangunan (Litbang) BRIDA KSB, Irfandi, S.IP, Senin (15/5).

Pada technical meeting, kata dia, lebih ditekankan kepada tata laksana dan tata tertib pada presentasi proposal.

“Selain itu, ada juga masukan dari peserta agar lomba penelitian kedepan bisa melibatkan partisipasi yang lebih banyak. Salah satu strateginya yakni melibatkan Korwil atau KCD Dikbud,” tambahnya.

Beberapa kendala lainnya juga disampaikan peserta dalam proses pembuatan proposal, seperti keterbatasan akses data guna mendukung penelitian yang sedang dilaksanakan.

“Peserta berharap BRIDA KSB punya power ke perangkat daerah untuk mengambil data. Saya sampaikan bahwa, kewenangan kita tidak sampai mengintervensi perangkat daerah,” jelas dia.

Masukan dalam technical meeting, kata dia, sangat penting bagi pelaksanaan lomba penelitian kedepannya. Sehingga partisipasi masyarakat dalam keikutsertaannya setiap tahun terus ditingkatkan.

“BRIDA KSB terus berupaya dalam meningkatkan minat menulis dan meneliti. Peserta yang sudah sering berpartisipasi juga kita dorong untuk bisa menjadi pemicu bagi peserta lainnya,” katanya.

Termasuk juga melibatkan Agen Gotong Royong (AGR), baik dalam sosialisasi maupun kepesertaan. Sehingga ada tema khusus yang relevan dengan aktifitas sehari hari AGR.
 
“Kita sosilasisasi melalui AGR berharap ada keterlibatan AGR sebagai peserta, namun tidak ada yang ikut. Ternyata tidak semua orang bisa berinovasi dan menulis penelitian,” tambahnya.

Seperti diketahui, lomba penelitian 2023 ini mengangkat tema ‘riset dan inovasi daerah yang unggul berkelanjutan dalam mewujudkan KSB baik berlandaskan gotong royong’.

Ada empat kategori yang dilombakan yakni, kategori Penelitian Tindakan Kelas (PTK), kategori Karya Tulis Ilmiah Remaja (KTIR), kategori Penelitian Umum (PU) Eksak dan kategori Penelitian Umum (PU) Non Eksak. (Enk. Radio Arki)

Related posts

Bocah 8 Tahun Meninggal Tenggelam di Sungai Tiu Betak Sekongkang

ArkiFM Friendly Radio

Bupati Jadi Ketua Tim Perekrutan 819 Karyawan Di PT Macmahon

ArkiFM Friendly Radio

Hakim Tipikor Memvonis Yahya Soud Setahun Penjara Kerena Kelalaian  

ArkiFM Friendly Radio