ARKIFM NEWS

Ekspedisi Rinjani, KNPI KSB Ingin Awali ‘Gerakan Kantong Sampah’

“ada banyak cara untuk memperingati Hari Ulang Tahun kemerdekaan indonesia, dari upacara sampai dengan beberapa kegiatan perlombaan. Begitupun recana ekspedisi Rinjani oleh KNPI Sumbawa Barat yang akan digelar pada saat puncak kemerdekaan indonesia.”

Sumbawa Barat. Radio Arki-Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), berencana menggelar ekspedisi rinjani pada puncak peringatan HUT kemerdekaan indonesia ke-72 mendatang. Dan menariknya, dalam ekspedisi itu, KNPI Sumbawa Barat akan mengawali kampanye tentang ‘Gerakan Kantong Sampah’.

“kita ingin awali ini. Karena dalam beberapa kali ekspedisi yang kami lakukan, ada kesan negatif pengunjung, khususnya pengunjung luar negeri tentang kebersihan, yaitu sampah yang berserakan.” Terang ketua KNPI KSB, Trisman ST, kepada wartawan media ini, Sabtu 12/8 malam tadi.

Dalam eskpedisi ini, KNPI KSB akan melakukan perjalanan selama tiga hari, dari tanggal  15 diawali perjanalan dari kaki unung Rinjani, baru pada tanggal 16 sampai dengan 17 Agustus 2017 akan dimulai beberapa kegiatan. Setiap peserta yang ikut dalam ekspedisi ini diharuskan untuk membawa kantong sampah, dan mengambil sampah yang merusak lingkungan.

Kepesertaaan ekspedisi Rinjani ini akan sangat dibatasi, mengingat medan dan juga kesiapan lain panitia. tetapi semua peserta dari Sumbawa Barat akan bersatu dengan pecinta alam lainnya yang memang tengah melakukan pendakian di tanggal tersebut, dan sekaligus mengajak pecinta alam tersebut untuk ikut dalam gerakan tersebut.

“kita batasi Cuma 7 Pecinta Alam saja, dan sudah ada orang orangnya.”ungkapnya

Ia berharap, ekspedisi Rinjani yang digelar kali ini, akan mampu untuk memperkuat kesadaran pengunjung tentang perlunya menjaga kebersihan di setiap objek wisata, terlebih destinasi wisata yang sudah ‘go internasional’, seperti Rinjani. Karena dalam beberapa kali ia coba meminta tanggapan pengunjung luar negeri dalam beberapa kali perjalanan, penilaian yang awal muncul tentang pengelolaan wisata di Indonesia, terlebih di NTB dan Sumbawa Barat terkesan kumuh.

Menurutnya, Taman Nasional Gunung Rinjani bisa jadi objek untuk mendorong ‘Gerakan Kantong Sampah’ di NTB. Karena gerakan ini sudah pernah dicoba di Sumbawa barat dan memiliki respon positif dari para pengunjung, khususnya pemuda.

“sebenarnya, ini hanya persoalan mau diawali atau tidak. Jadi kamu lakukan ini di Rinjani, karena selain Rinjani adalah objek wisata nasional. Kita juga ingin Sumbawa Barat terdorong untuk mengkampanyekan gerakan ini.” Tegasnya

“Gunung Rinjani ini adalah destinasi wisata internasional. Jadi apapun yang terjadi akan terekam dan menjadi kesan bagi dunia. Maka kita ingin pada momemtum itu, karena melihat banyaknya Pecinta Alam dari seluruh indonesia bahkan dunia yang akan berkunjung. Untuk itu kita perlu mengajak agar tetap menjaga keasrian Gunung Rinjani, dan kita juga akan menggelar Bakti Sosial” Imbuhnya. (Unang Silatang.Radio Arki)

Related posts

Kecamatan Brang Ene Dinyatakan Zero Malaria

Siswi SD di Mataram Mengaku Menjadi Korban Penculikan

ArkiFM Friendly Radio

Diduga Dana Ditilep, Tiga Program Pembangunan Desa Mantun Mangkrak

Leave a Comment