NEWS

Program Prioritas Hasil Raker II, PWI KSB Masih Fokus Penguatan Organisasi

Keterangan : Pengurus PWI KSB periode 2023-2026 saat dilantik, di Mataram, Sabtu (19/8) pagi.


Mataram – Rapat Kerja (Raker) ke-2 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumbawa Barat di Hotel Aston Inn Mataram, 18-19 Agustus 2023 menghasilkan 8 program kerja prioritas yang akan dilaksanakan selama periode kepengurusan 2023 – 2026. Program itu pasalnya masih akan fokus kepada penguatan organisasi.

“penguatan organisasi itu masih menjadi fokus (program). Terutama dalam peningkatan kapasitas wartawan,” ujar Khairilwansyah, ahad (20/8) sore, kepada media ini.

Peningkatan kapasitas itu akan dilakukan melalui pelatihan jurnalistik dan termasuk juga Uji Kompetensj Wartawan (UKW) yang merupakan amanah Dewan Pers.

Saat ini seluruh anggota PWI KSB memang telah mengikuti UKW dan tersertifikasi dewan pers. Tetapi kedepan, kata khairil, untuk UKW akan fokus pada kenaikan jenjang, ok inimengingat sebagian anggota PWI KSB adalah pengelola media yang membutuhkan jenjang kompetensi lebih tinggi dari wartawan muda.

Senada dengan Khairil, ketua bidang organisasi, Khairuddin juga mengungkapkan, pogram peningkatan kompetensi nanti akan diperkuat dengan tradisi intelektual dengan program diskusi berkala tentang Pers dan isu-isu lain yang aktual dan menjadi perhatian publik.

Program prioritas berikutnya adalah pembangunan kantor sekretariat PWI Sumbawa Barat. Keberadaan Sekretariat penting bagi organisasi, bukan sekedar sebagai tempat berkumpul, tetapi juga menjadi identitas dan tempat konsolidasi serta kegiatan peningkatan kapasitas anggota.

“InsyaAllah dalam tahun ini PWI akan mengupayakan pengadaan lahan dan selanjutnya secara bertahap bangunan sekretariat akan dibangun,” ungkap Ketua Panitia Pelantikan dan Rapat Kerja ke-2 PWI KSB, Khairuddin Enk usai penutupan Raker di Mataram.

Program PWI Goes To School and Campus, dalam bentuk kerjasama pengenalan dunia jurnalistik kepada siswa dan mahasiswa dengan sekolah dan kampus yang ada di KSB menjadi program prioritas berikutnya yang akan lebih ditingkatkan, baik kuantitas maupun kualitasnya.

“Berikutnya adalah Family Gathering dan pembentukan Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI). Disamping untuk memperkuat silaturahmi, IKWI juga menjadi pendukung suksesnya program kerja ysng dilaksanakan PWI,” urai Enk.

Untuk mendukung program pembangunan daerah dibidang pariwisata, investasi, UMKM, Industri dan lain-lain, PWI KSB mencanangkan program Journalis Camp yang dikemas dalam bentuk ekspedisi. Program ini bertujuan untuk mengeksplore potensi yang ada di suatu wilayah, mendalami persoalan-persoalan yang menjadi ganjalan pengembangan potensi dimaksud dan dipublish dalam bentuk tulisan di media masing-masing anggota PWI agar menjadi perhatian para pemangku kepentingan.

Tahun 2022 lalu, PWI KSB telah sukses melaksanakan Ekspedisi Talonang di Desa Talonang Baru, Kecamatan Sekongkang. Tahun 2023 ini, PWI merencanakan ekspedisi Mantar Gili Balu, di Desa Mantar Kecamatan Poto Tano dan Gili Balu (gugusan 8 pulau kecil di Selat Alas).

“Rencananya Ekspedisi Mantar Gili Balu akan dilaksanakan Bulan Oktober mendatang,” imbuhnya.

Terakhir, PWI KSB akan melaksanakan persiapan matang dalsm rangka keikutsertaan di Pekan Olahraga Wartawan Nasional (PORWANAS) 2024 di Padang, Sumatera Barat.

“Di Porwanas 2022, atlet catur, badminton dan e-sport PWI KSB berhasil masuk empat besar. Di Porwanas 2024, kita menargetkan medali. Karena itu program pembinaan atlet akan dilaksanakan lebih intensif melalui program latihan yang teratur dan terukur,” pungkas Khairuddin Enk.(Iwenk.Radio Arki)

Related posts

Menkes Sebut Puskesmas Jereweh Salah Satu yang Terbaik di Indonesia

ArkiFM Friendly Radio

Pengumuman Perubahan Jadwal Pendaftaran Panitia Pemungutan Suara Untuk Pemilu 2024

ArkiFM Friendly Radio

Dukcapil KSB Upayakan Penerapan Inovasi ‘Menata Asa’ Tahun Ini

ArkiFM Friendly Radio