ARKIFM NEWS

Siswa SMKN 1 Brang Ene Lakukan Kunjungan Eduwisata ke Kejari KSB

Sumbawa Barat. Radio Arki – Sebanyak 48 siswa dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Kecamatan Brang Ene melaksanakan kunjungan belajar atau eduwisata ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Senin (25/9).

Kunjungan ini dilakukan, dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pemahaman siswa mengenai sistem kerja di Kejari KSB. Selain itu juga, untuk menambah pengalaman siswa dalam mengorganisasikan kegiatan.

Kepala Kejari KSB, Dr. Hj. Titin Herawati Utara, S.H., M.H., menyambut kedatangan siswa-siswa SMKN 1 Brang Ene dan guru pendamping mereka. Dalam kunjungan ini, mereka diberikan kesempatan untuk melihat secara detail kantor Kejaksaan Negeri Sumbawa Barat dan memahami lebih lanjut mengenai tugas dan wewenang jaksa.

“Kami menjelaskan tugas dan wewenang jaksa, serta struktur dan organisasi Kejaksaan, termasuk bidang Datun, bidang Intelijen, bidang Pidsus, bidang Pidum, bidang Pembinaan, bidang PB3R, dan lainnya,” ungkapnya.

Selama kunjungan ini, para siswa mendapatkan edukasi tentang proses peradilan pidana dari tahap penuntutan hingga eksekusi. Kejaksaan Negeri Sumbawa Barat juga menjelaskan konsep hukum pidana, hukum perdata, serta perbedaan antara hukum publik dan hukum privat. Namun, penekanan utama adalah pada pemahaman mengenai tugas dan wewenang seorang jaksa.

“Mereka dapat memahami bagaimana tupoksi seorang jaksa, serta perbedaan antara penuntut umum dan jaksa, karena keduanya memiliki peran yang berbeda meskipun merupakan satu kesatuan,” jelasnya.

Kepala Kejaksaan Negeri Sumbawa Barat berharap melalui kunjungan wisata edukasi ini, siswa-siswi SMKN 1 Brang Ene dapat lebih memahami peran dan fungsi jaksa, menghilangkan pemahaman keliru di masyarakat bahwa jaksa hanya bertugas sebagai penuntut umum. Padahal peran jaksa memiliki dimensi yang lebih luas. (Enk. Radio Arki)

Related posts

28.760 Vial Vaksin Covid-19 Tiba di NTB

ArkiFM Friendly Radio

Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Beringin Sila

ArkiFM Friendly Radio

Dituduh Korupsi, Kades Talonang : Mari Hormati Proses Hukum

ArkiFM Friendly Radio