ARKIFM NEWS

Pasca Launching Srikandi, Arpus KSB Lakukan Pendampingan

Foto: Beberapa admin OPD saat berkonsultasi terkait penggunaan aplikasi SRIKANDI di ARPUS KSB.

Sumbawa Barat. Radio Arki – Pasca launching aplikasi System Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi), sejumlah OPD di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) telah mulai memanfaatkannya untuk peningkatan efisiensi dan efektivitas kerja mereka.

Untuk memastikan suksesnya implementasi Srikandi, para admin OPD menjalani pendampingan langsung dari mentor yang telah ditunjuk Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus) KSB.

Ir. Abdul Muis, MM, Kepala Dinas Arpus KSB, saat ditemui arkifm.com beberapa waktu lalu, menjelaskan bahwa pendampingan ini dilakukan terkait berbagai aspek yang dirasa belum dipahami secara utuh, seperti penggunaan fitur-fitur aplikasi Srikandi, pengisian naskah, dan tindak lanjut terhadap naskah yang belum selesai.

“Para admin OPD hadir untuk berkonsultasi dan mempraktikkan penggunaan aplikasi tersebut, sehingga mereka dapat belajar sambil langsung mempraktekkannya. Dengan harapan, ketika nanti penerapan aplikasi Srikandi efektif, maka bisa meningkatkan nilai Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE),” kata Abdul Muis.

Foto: Kepala Dinas ARPUS KSB, Ir. Abdul Muis, MM saat ditemui wartawan arkifm.com, beberapa waktu lalu.

Proses konsultasi ini, kata dia, telah berlangsung sejak peluncuran aplikasi Srikandi minggu lalu dan masih terus berlanjut hingga saat ini.

“Tujuannya adalah memastikan bahwa peluncuran aplikasi ini tidak hanya menjadi sebuah seremoni belaka, tetapi juga terlaksana secara efektif dalam rutinitas kerja OPD,” jelasnya.

Abdul Muis juga menetapkan target jangka pendek agar setidaknya minimal lima OPD dalam empat bulan ke depan sudah dapat mengimplementasikan aplikasi Srikandi. Namun, target jangka panjang adalah bahwa pada tahun 2024, seluruh OPD akan menerapkan aplikasi ini secara efektif.

“Namun kami menyadari bahwa hal ini akan bergantung pada sumber daya yang tersedia dan kesiapan masing-masing OPD,” ungkapnya.

Diketahui, aplikasi Srikandi memiliki beragam fitur, seperti manajemen naskah keluar, verifikasi naskah, naskah masuk, pemantauan naskah yang belum ditindaklanjuti, dan naskah yang belum dibaca. Para pengguna akan menerima notifikasi ketika ada naskah masuk, memungkinkan mereka untuk lebih responsif dalam menangani surat dan arsip elektronik.

“Dengan pendampingan aktif ini, diharapkan para OPD akan dapat mengoptimalkan penerapan Srikandi untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat,” tandasnya. (Enk. Radio Arki)

YouTube player

Related posts

Bupati dan Pj Gubernur NTB Teken Kesepakatan Kawasan Pertanian Pangan Berkelanjutan

ArkiFM Friendly Radio

Dukung PLTBm, Pemda KSB Teken MoU dengan Perusahaan Asal Korsel

ArkiFM Friendly Radio

Suasana Kekeluargaan, Warnai Reses Evi Apita Maya di KSB

ArkiFM Friendly Radio