ARKIFM

Dukcapil Terus Galakkan Perekaman KTP El di Sekolah

Foto: Perekaman jemput bola di salah satu sekolah, beberapa waktu lalu.

Sumbawa Barat. Radio Arki – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) terus menggalakkan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El), dengan mengadakan layanan jemput bola ke berbagai sekolah.

Langkah ini diambil guna menyelesaikan perekaman data pemilih pemula dan warga yang belum merekam KTP-El, menjelang Pemilu 2024. Sekitar 2000 pemilih pemula yang sebagian besar berada di lingkungan sekolah-sekolah akan mendapatkan pelayanan perekaman KTP-El.

Sekretaris Dinas Dukcapil KSB, Hj. Lenny Tovani, S.Pd. MM, menyampaikan bahwa banyak masyarakat, terutama pemilih pemula, cenderung lalai dalam mengurus administrasi kependudukan mereka. Oleh karena itu, Dukcapil memutuskan untuk membawa layanan perekaman langsung ke sekolah, memberikan kemudahan tanpa harus repot datang ke kantor.

“Dalam perjalanan kami mendata bahwa masih banyak masyarakat yang sering lalai dalam mengurus Adminduknya, terutama pemilih pemula. Sangat sedikit yang mau datang langsung ke kantor, apalagi saat ini data akan ada Pemilihan Umum yang syarat mutlaknya adalah harus menggunakan KTP,” ujar Hj. Lenny.

Selain kunjungan ke sekolah, Dukcapil juga menjalankan program perekaman di desa-desa, menjalin kerjasama dengan pemerintahan desa untuk mendata warga yang belum memiliki KTP.

Setelah desa berhasil mendata, dilakukan penjadwalan perekaman sesuai kesepakatan. Hasil perekaman kemudian dicetak di Kantor Dukcapil.

Hj. Lenny menegaskan bahwa program jemput bola ini dilaksanakan sesuai arahan dari Direktur Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK).

“Kami harus bekerja sangat keras karena 2000 pemilih pemula ini tersebar di semua kecamatan Kabupaten Sumbawa Barat. Jangkauannya cukup luas, sedangkan SDM kami sangat terbatas. Semoga semua pemilih pemula ini bisa tercover secara maksimal,” pungkasnya.

Related posts

Setahun Terapkan BLUD, Begini Dampak Bagi RSUD Asy-Syifa’

ArkiFM Friendly Radio

Penemuan Mayat Telungkup Gemparkan Warga Labuan Lalar

ArkiFM Friendly Radio

Langgar Kode Etik, 6 Anggota Polres Sumbawa Barat Di Copot

ArkiFM Friendly Radio