ARKIFM

Pemerintah KSB Raih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik

Mataram. Radio Arki – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) meraih penghargaan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Provinsi Nusa Tenggara Barat, sebagai badan publik pemerintah kabupaten/kota terinformatif.

Penghargaan ini diterima pada tanggal 14 Desember 2023 sebagai bentuk apresiasi terhadap komitmen dan inovasi yang dilakukan dalam mewujudkan pelayanan publik yang transparan dan akuntabel.

Hak publik untuk memperoleh informasi menjadi unsur kunci dalam upaya menciptakan penyelenggaraan pemerintahan yang terbuka.

Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat telah membentuk Perangkat Pusat Informasi Daerah (PPID) sesuai dengan amanat Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP) Nomor 14 Tahun 2008 dan Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2015 tentang Keterbukaan Informasi Publik di Kabupaten Sumbawa Barat.

Ibrahim, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika KSB, menjelaskan bahwa PPID Utama telah melakukan berbagai upaya dan inovasi untuk meningkatkan pelayanan keterbukaan informasi publik.

Beberapa kegiatan yang telah dilakukan antara lain mengintegrasikan forum yasinan dengan SP4N Lapor, memberikan bimbingan teknis pengisian pengaduan SP4N Lapor kepada 700 Agen Gotong Royong, dan menempatkan media sebagai mitra di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Foto: Piagam penghargaan KSB sebagai badan publik informatif

Program inovasi yang bernilai aspiratif, yaitu Forum Pelayanan Setara Inklusif Andalan (Yasinan), menjadi salah satu langkah Pemerintah KSB dalam memperkuat komunikasi dua arah antara pemerintah dan masyarakat.

“Forum Yasinan tidak hanya memberikan ruang bagi masyarakat untuk menyampaikan pendapat, kritik, ide, atau gagasan, tetapi juga menggarisbawahi semangat demokrasi, transparansi, akuntabilitas, dan partisipasi,” jelasnya.

Sejak diterapkannya Forum Yasinan sebagai inovasi aspiratif dalam komunikasi dua arah, Pemerintah KSB telah mendapatkan perhatian dan penghargaan baik tingkat regional maupun internasional.

Komitmen untuk meningkatkan keterbukaan informasi publik juga tercermin dalam dukungan terhadap tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih, serta optimalisasi pengawasan publik melalui berbagai inovasi.

Semua informasi yang dibutuhkan masyarakat telah disediakan di website PPID Utama Kabupaten Sumbawa Barat dan website PPID Pembantu di masing-masing OPD.

“Penggunaan platform new media juga menjadi salah satu strategi yang berhasil mempercepat penyebaran informasi, menjangkau publik secara luas, cepat, dan efisien,” tambahnya.

Dengan capaian ini, Pemerintah KSB terus berkomitmen untuk memperkuat keterbukaan informasi publik sebagai upaya menjaga akuntabilitas dan partisipasi masyarakat dalam proses penyelenggaraan pemerintahan. (Enk. Radio Arki)

Related posts

Pembangunan Bendungan Meninting Lobar Ditargetkan Tuntas 2023

ArkiFM Friendly Radio

Wabup KSB: Dugaan Pencemaran Di Tongo, Preseden Buruk Pengelolaan Lingkungan di Batu Hijau

ArkiFM Friendly Radio

Pilkada KSB, Dr. Zul : PKS Berpeluang Besar ke Petahana

ArkiFM Friendly Radio