ARKIFM NEWS

KSB Akan Jadi Epicentrum Industrialisasi di NTB

Sumbawa Barat. Radio Arki -Dalam rangka mendorong industrialisasi di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Pelaksana Tugas (PJ) Gubernur NTB, Lalu Gita Aryadi, bersama jajaran Dinas Provinsi NTB, menggelar Roadshow Industrialisasi yang menyoroti potensi luar biasa Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) sebagai Epicentrum Industrialisasi di NTB.

Dalam laporannya, Kadis Perindustrian NTB, Nuryati SE., ME, menekankan progresifnya KSB dalam pengembangan sektor industri.

“KSB adalah satu-satunya kabupaten yang progresif dalam menghadapi era kawasan industri. Kami perlu mendorong kolaborasi perusahaan lokal untuk menghadapi tantangan masa depan,” ungkapnya, di IKM Poto Tano pada, Sabtu, (16/12/2023)..

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa Barat, H. Amar Nurmansyah, ST., M. Si, menyampaikan bahwa KSB memiliki peran strategis dalam rencana hilirisasi industri di NTB.

“Undang-undang Minerba pada tahun 2018 membuka peluang untuk membangun industri di KSB. RPJM Nasional 2019 juga menyebutkan adanya kawasan industri di KSB. Ini memerlukan sinergi antara provinsi dan kabupaten,” jelasnya.

Amar juga menyoroti pembangunan smelter yang diharapkan selesai pertengahan 2024.

“Hasil tambang akan diolah di sini, menciptakan manfaat ekonomi dan industri bagi masyarakat setempat. Kita belajar dari pengalaman PT. NNT, bahwa pembangunan industri dapat meningkatkan perekonomian lokal,” tambahnya.

PJ Gubernur NTB, H. L. Gita Aryadi, optimistis bahwa tahun 2025 akan menjadi tahun keemasan ekonomi NTB.

“Dengan selesainya smelter pada tahun 2024, KSB akan menjadi epicentrum pertumbuhan ekonomi. Manajemen yang efektif, mitra strategis, dan kemudahan regulasi akan menjadi kunci kesuksesan,” katanya.

Gita Aryadi menyoroti pentingnya menjaga momentum pembangunan dan merinci bahwa KSB bukan lagi hanya berbicara tentang NTB, tetapi telah masuk dalam jajaran daerah maju di Indonesia. “Kita harus menjaga dan mengelola potensi usaha dengan baik, sambil memastikan adanya infrastruktur yang mendukung seperti pelabuhan yang representatif,” tutupnya. (Enk. Radio Arki)

Related posts

Desa Labuhan Kertasari Ditetapkan Sebagai Desa Wisata Bahari

ArkiFM Friendly Radio

FKUB KSB Ajak Semua Elemen Dukung Pelantikan Presiden Terpilih

ArkiFM Friendly Radio

Duh! Video Asusila Pacar Disebar, Polisi Tangkap Pemuda Ini

error: Content is protected !!