ARKIFM NEWS

Rp 8 Milyar Lebih Disiapkan Untuk Program Bariri Tani Di KSB

“Pemerintah daerah Sumbawa Barat telah meluncurkan berbagai program pemberdayaan, salah satunya adalah program bariri Tani. Program ini diharapkan akan mampu memberdayakan masyarakat petani di KSB.”

Sumbawa Barat. Radio Arki- Program BARIRI TANI merupakan salah satu program unggulan Pemerintah Daerah. Program ini memang telah diproyeksi atau diharapkan akan mampu mengentaskan kemiskinan. Untuk itu, sebagai komitmen atas program tersebut, pemeritnah daerah melalui dinas terkait telah mengelontorkan anggaran sebesar Rp 8 Milyar lebih untuk program tersebut.
Adapun Program yang masuk dalam program terebut, diantaranya adalah Bariri Tani Padi, Jagung, dan Bariri Tani Alsintan (Alat Mesin Pertanian). Berbagai program tersebut, diyakini telah sesuai dengan standar kebutuha warga Sumbawa Barat, yang memang mayoritasnya adalah petani.
Diterangkan, Kepala Dinas Pertanian Perkebunan dan Peternakan (Distanbunnak) melalui Kepala Bidang Pertanian Syaiful Ulum, SP, Pemerintah Daerah (Pemda) telah menggelontorkan dana sebesar 8 miliyar lebih untuk program Bariri Tani yang meliputi Bariri Tani Padi, Bariri Tani Jagung dan Bariri Tani Alat Mesin Pertanian (Alsintan).
”kami sudah siapkan dana sebesar 8 miliyar lebih untuk proram biriri tani di tahun 2017 yang meliputi Bariri Tani Jagung dan Bariri Tani Alsintan,” ujarnya kepada www.radioarki.com, di ruang kerjanya, Senin (7/8) sore lalu.
Ia menjelaskan, total luas lahan untuk masing-masing program yang akan diberikan bantuan sepanjang tahun 2017, yaitu sebanyak 3000/Ha untuk Program Bariri Tani Padi dan 3000/Ha untuk Program Bariri Tani Jagung. Sejauh ini, kata Ulum, pihaknya sudah merealisasikan bantuan sebanyak 50% dari total luas lahan untuk masing-masing program.
“untuk saat ini kami sudah realisasikan bantuan sebnyak 50% dari total luas Lahan dari masing-masing program yaitu bariri tani padi dan bariri tani jagung yang menjadi target Pemerintah Daerah di tahun 2017.”ungkapnya.
Sementara itu, untuk Program Bariri Tani Alat Mesin Pertanian (Alsintan), pihaknya masih dalam tahap pengambilan data serta proses verifikasi calon Penerima Bantuan dan ditargetkan secara keseluruhan Baik itu bantuan untuk Bariri Tani Padi, Bariri Tani Jagung dan Bariri Tani Alat Mesin Pertanian (Alsintan) akan direalisasikan pada bulan Oktober, mengingat telah masuk musim tanam dan untuk meringankan beban petani.
“untuk Bantuan Program Bariri Alsintan masih dalam pengambilan data serta proses verifikasi. Kami targetkan di bulan oktober sudah bisa didistrubisakan ke petani.”bebernya.
Ia berharap, program serta bantuan yang sudah diberikan pemerintah daerah dapat dipergunakan sebaik-baiknya, demi tercapai apa yang mensejahterakan petani, dan sekaligus menjadi target pemerintah daerah dalam mengurangi angka kemiskinan di Sumbawa Barat.
“kami berharap agar bantuan yang sudah diberikan, dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. Jangan dijual, apalagi tidak dimanfaatkan. Kita optimis dengan program ini akan mampu mengurangi angka kemiskinan di sumbawa Barat.” Demikian, tutupnya. (Saharuddin/Radio Arki)

Related posts

Kunjungi KSB, Mensos Evaluasi Penanganan Umum Korban Gempa

ArkiFM Friendly Radio

Soal e-KTP, Ahok: Waktu Kasus Itu Saya Sudah Keluar dari DPR

Kyai NU DKI Jakarta Dukung Anies-Sandi, Ini Alasannya

ArkiFM Friendly Radio

Leave a Comment