ARKIFM

Jelang Musda Pemuda Muhammadiyah Sumbawa, Anto Nyatakan Siap Bertarung

Foto: Sumanto (Wakil Ketua Pemuda Muhammadiyah Sumbawa).

Mataram. Radio Arki – Menjelang pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) Pemuda Muhammadiyah Sumbawa yang rencananya akan digelar pada Agustus 2020 mendatang, sejumlah nama bermunculan sebagai calon ketua.

Terbaru, muncul nama Sumanto atau akrab di sapa Bang Anto sebagai salah satu calon  yang akan maju dalam bursa calon.

Anto mengatakan, siap untuk maju sebagai ketua Pemuda Muhammadiyah periode mendatang. Selain Anto sebenarnya ada nama-nama lain  pemuda Muhammadiyah lain yang berniat maju, di antaranya dari kalangan Dosen, guru, pengusaha dan lain-lain.

Ikrar kesiapan untuk maju sebagai calon ketua Pemuda Muhamadiyah, kata Anto telah diniatkan dihadapan para pimpinan dan pengurus PDPM dan dibeberapa cabang se-Kabupaten Sumbawa, pada acara silaturahim dan bincang santai beberapa waktu lalu.

“Walau sebelumnya ada anggapan bahwa pencalonan saya tidak serius untuk maju, namun sekali lagi saya tegaskan bahwa saya akan maju menjadi calon ketua apapun hasilnya nanti,” ujar Wakil ketua Pemuda Muhammadiyah Sumbawa bidang Organisasi sekaligus Komando Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Kabupaten Sumbawa ini kepada media.

Kemunculan Sumanto agaknya tidak begitu mengagetkan banyak pihak. Meski tak ingin dikenal, dia mengaku memiliki bekal pengalaman organisasi baik tingkat Cabang, Daerah, hingga Wilayah, dari level dasar di organisasi ortom Muhammadiyah mulai dari menjabat sebagai Wakil ketua Osis SMA Muhammadiyah waktu itu, Wakil ketua bidang Organisasi PDPM Sumbawa saat ini. Sepak terjangnya di organisasi Muhammadiyah merupakan bukan barang baru lagi.

Ketika ditanya apa capaian terbesarnya di Pemuda Muhammadiyah mendatang? menurut Anto, Pemuda Muhammadyah kedepan harus dipimpin oleh orang yang memahami betul tentang Muhammadiyah, punya kaderisasi yang jelas dan punya pengalaman memimpin organisasi ortom (anak) Muhammadiyah, karena pemuda Muhammadiyah merupakan organisasi ortom (anak) dari Muhammadiyah sehingga dalam memimpin kedepan harus sesuai dengan program–program Muhammadiyah.

Anto menegaskan bahwa, sudah saatnya Pemuda Muhammadiyah bangkit sebagai kekuatan terdepan di dalam merespon dan menyikapi dinamika perkembangan zaman.

“Saya berharap kepada seluruh peserta musyda agar memilih calon ketua yang punya pemahaman berorganisasi Muhammadiyah mumpuni, bukan sekedar memilih calon yang memiliki banyak uang, banyak pekerjaan, apalagi memilih calon yang haus jabatan yang sudah banyak memiliki jabatan. Baik di internal muhammadyah, maupun di luar Muhammadiyah. Pemuda Muhammadiyah kedepan harus tekun, rajin, dan cerdas dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi masa depan yang lebih baik,” tegas Bang Anto.

Sosok anak Gunung (Tepal) yang merupakan Alumni Panti Asuhan Muhammadiyah Sumbawa selama ini memang terbiasa dididik dan dibesarkan dalam lingkungan keluarga Muhammadiyah yang sangat kental, hal itu membuatnya paham betul bagaimana bermuhammadiyah dengan baik dan benar.

“Jika diamanahkan memimpin Pemuda Muhammadiyah Sumbawa kedepan ada beberapa prioritas program yang akan saya kerjakan, yakni konsolidasi ke cabang–cabang pemuda Muhammadiyah se-kabupaten Sumbawa, regenerasi kepengurusan dan peningkatan kaderisasi, karena saya melihat 3 hal tersebut masih kurang kita perhatikan saat ini walaupun secara keseluruhan kepemimpinan pemuda Muhammadiyah saat ini sudah sangat baik dan saya siap melanjutkannya menjadi lebih baik,” tutup Sumanto. (Arif. Radio Arki)

Related posts

Kasus Ketenagakerjaan Tahun 2017 di Sumbawa Barat Meningkat

ArkiFM Friendly Radio

Carvajal: Tak Ada Juara Grup yang Mau Hadapi Madrid

ArkiFM Friendly Radio

Ratusan Warga Sumbawa Barat Protes Presiden Amerika Serikat

ArkiFM Friendly Radio