ARKIFM NEWS

Pemda Siapkan Beasiswa Kedokteran Untuk Siswa Asal KSB

Sumbawa Barat. Radio Arki – Bupati Sumbawa Barat, Dr Ir. H. W. Musyafirin., MM, menandatangani Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan Rektor Universitas Mataram (Unram), Prof. Bambang Hari Kusumo, M. Agr. ST, P. Hd, sebagai langkah nyata dalam meningkatkan kualitas layanan kesehatan di Kabupaten Sumbawa Barat.

Penandatanganan tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah, Kepala Dinas Kesehatan, dan Direktur RSUD Asy-Syifa’, di ruang rapat Rektor Unram, Rabu (17/1).

Rektor Unram menyampaikan bahwa kerjasama ini akan menghasilkan dokter-dokter yang dapat ditempatkan di daerah terpencil di KSB.

Ia menekankan pentingnya pemerataan tenaga dokter di NTB dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di tengah masyarakat.

Prof. Bambang juga memberikan apresiasi tinggi kepada Bupati Musyafirin atas respons cepatnya terhadap kerjasama ini.

“Saya tidak menyangka akan direspon secepat ini oleh Bapak Bupati. Saya melihat bahwa inilah pemimpin yang memiliki komitmen kuat untuk mengatasi persoalan kesehatan di daerahnya,” tuturnya.

Bupati Musyafirin juga mengungkapkan kekhawatiran terhadap ketersediaan tenaga kesehatan di KSB, khususnya dokter.

Untuk mengatasi hal tersebut, Pemerintah Daerah siap memberikan beasiswa kedokteran bagi mahasiswa asal KSB melalui program kerjasama ini.

Bupati Musyafirin menambahkan bahwa Pemerintah Daerah siap membiayai jatah kuota beasiswa tanpa batas, dengan harapan program ini dapat meningkatkan sumber daya manusia di bidang kesehatan di KSB.

Jika 30 persen jatah yang di kelola oleh Unram, kata Bupati, tidak ada yang mau ngambil insyallah KSB siap. Pemerintah Daerah akan membiayainya sampai jadi dokter.

“Kami akan konsultasikan dengan BPK dan BPKP untuk program Kerjasama ini kita akan bayar didepan. Kita tidak ingin program yang bagus ini dipotong ditengah jalan. Kewajiban kami lunas di tahun ini, dengan syarat tidak merugikan pihak lain.

“Semua anak-anak KSB yang sekolah di mana saja, sepanjang itu orang KSB, bisa ikut tes,” ungkap Bupati Musyafirin, menegaskan keterbukaan program beasiswa ini untuk seluruh masyarakat KSB. (Enk. Radio Arki)

Related posts

ArkiFM Friendly Radio

Warga Menala Protes Kinerja Tim Peliuk PDPGR

KSB Dapat Jatah Tenaga Kerja Konstruksi Smelter 1.200 Orang