ARKIFM NEWS

24 Anggota Panwascam di Sumbawa Barat Dilantik

Sumbawa Barat. Radio Arki – Sebanyak 24 anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Sumbawa Barat resmi dilantik, pada hari Sabtu, 25 Mei 2024.

Pelantikan dan pengambilan sumpah janji ini berlangsung di Aula Kedai Sawah KTC, dalam rangka persiapan menghadapi pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah tahun 2024.

Ketua Bawaslu Sumbawa Barat, Khaeruddin, ST, menyampaikan bahwa pelantikan ini merupakan tahapan pertama yang dilakukan oleh Bawaslu dalam proses pengawasan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah tahun 2024.

“Satu tugas kami telah selesai dengan mengangkat dan melantik 24 anggota Panwascam. Mereka harus dikenal karena akan berurusan langsung dengan masyarakat dalam proses pengawasan Pilkada,” ujarnya.

Foto: Anggota Panwascam Brang Ene usai dilantik. Dari kiri ke kanan, Rustamaji, SE (Ketua), Eva Solina, SPd (Anggota) dan Khairuddin, S.IP (Anggota).

Khaeruddin menekankan pentingnya peran serta yang baik, terstruktur, dan masif dalam pengawasan Pilkada saat ini.

“Pengawasan Bawaslu sekarang bergerak ke arah terbuka dan partisipatif. Kita sebagai pengawas harus mampu memberikan informasi secara tuntas agar gambaran peristiwa politik bisa tersampaikan dengan baik. Hal ini penting untuk menarik partisipasi publik dalam pengawasan,” katanya.

Ia juga menyoroti adanya perjalanan politik yang tidak normal di beberapa daerah lain. Menurutnya, pengawas dan administrator kepemiluan tidak boleh lepas tangan dalam kondisi seperti itu.

“Kurangnya informasi yang tersalurkan ke masyarakat bisa menjadi pemicu masalah. Oleh karena itu, Panwascam dituntut mampu menjalin komunikasi yang nyaman dengan semua komponen masyarakat agar terjadi deteksi dini terhadap potensi masalah,” jelasnya.

Khaeruddin mengajak seluruh anggota Panwascam untuk segera berakselerasi, membangun komunikasi yang baik, dan koordinasi yang efektif.

“Kita mengemban tugas yang sama dalam memberikan sumbangsih pikiran dan tenaga untuk menjaga agar proses demokrasi berjalan dengan baik,” pungkasnya. (Enk. Radio Arki)

Related posts

Forum Wartawan Pemprov dan DPRD NTB Desak Sekda Tegur Kasat Pol PP NTB

ArkiFM Friendly Radio

Gubernur NTB Raih Penghargaan dari Perpusnas RI

ArkiFM Friendly Radio

KSB Dapat Bantuan POCADI

ArkiFM Friendly Radio