ARKIFM NEWS

KPU KSB Lantik 191 Anggota PPS Pilkada

Sumbawa Barat. Radio Arki – Sebanyak 191 orang anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Untuk Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah dilantik oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), di Graha Sudirman, Minggu 26 Mei 2024.

Pelantikan 191 Anggota PPS dari 65 Kelurahan/Desa, 8 kecamatan se Kabupaten Sumbawa Barat, sebagai bentuk rangkaian dari kesiapan KPU selaku penyelenggara Pemilu dalam melaksanakan tahapan tahapan Pilkada.

Ketua KPU KSB, Herman Jayadi, S.AP menekankan kepada para Anggota PPS yang telah dilantik, untuk menjaga Netralitas. Selaku penyelenggara, menurutnya, harus memiliki etika.

“Ketika Kita bisa menjalankan, maka patut dikatakan bahwa hasil Pemilu itu berintegritas dan dapat dipertanggung jawabkan, sebaliknya apabila tidak bisa menegakkan etika kedisiplinan didalam menjalankan tugas, maka apa yang kita harapkan itu tidak bisa berjalan sebaik baiknya,” ujarnya.

Ia menekankan kepada Anggota PPS yang baru dilantik untuk menjaga Netralitas.

“Karena netralitas itu bisa mencampakkan integritas saudara itu sendiri (PPS, red), maka untuk itu kuatkan soliditas untuk menjaga integritas demi menjaga Netralitas selaku anggota PPS,” imbuhnya.

Terlebih lagi, pasca pelantikan, 191 anggota PPS akan menghadapi tugas berat yaitu tugas yang penuh tanggung jawab moral, tugas yang penuh dengan kedisiplinan, kejujuran yakni akan melakukan Verifikasi Faktual untuk syarat minimal Bakal Calon Perseorangan.

“Ingat itu, tegakkan Netralitas,” tegasnya, kembali mengingatkan.

Ia kembali mengingatkan, bahwa ada prinsip azas penyelenggaraan pemilu yang harus dipegang dan diamalkan oleh petugas PPS dalam melakukan komunikasi dengan stakeholder yang ada ditingkat desa.

“Segera lakukan komunikasi dengan Lurah dan Kades untuk membentuk mitra yang akan menopang seluruh kegiatan pada proses Pilkada yang akan datang, yaitu akan membentuk Sekretariat dimasing-masing desa, dalam hal penyediaan fasilitas untuk menunjang tugas para PPS dimasing-masing wilayah tugasnya,” terangnya.

Sebelumnya, ia mengatakan bahwa 191 orang anggota PPS merupakan figur figur terpilih yang nantinya harus mampu melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan berpedoman pada aturan dan ketentuan yang ada.

Hadir dalam kesempatan itu perwakilan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi NTB diwakili Suryati, selalu Koordiv Tekhnis Penyelenggaraan Pemilu. Dalam kesempatan tersebut, ia juga menyampaikan sejumlah materi tekhnis kepada 191 Anggota PPS se KSB. (Enk. Radio Arki)

Related posts

7 Fakta Menarik Galaxy Note 7

taujago

Pemda KSB Mengucapkan Selamat Hari Inovasi Indonesia

ArkiFM Friendly Radio

Pemdes Tua Nanga Siapkan Rp 171 Juta Untuk Programkan Pestisida Gratis

ArkiFM Friendly Radio