ARKIFM NEWS

Sepakati Iuran Bulanan Aparatur, Pemdes Manemeng Berhasil Qurban Dua Ekor Sapi

Sumbawa Barat. Radio Arki – Pemerintah Desa Manemeng kembali menunjukkan solidaritas dan kebersamaan yang kuat dengan berhasil mengumpulkan dana untuk membeli dua ekor sapi melalui iuran bulanan.

Iuran ini tidak hanya melibatkan aparatur desa, tetapi juga babinsa dan bhabinkamtibmas. Dengan komitmen yang kuat, iuran sebesar 100 ribu rupiah per bulan ini terkumpul dan digunakan untuk qurban pada Hari Raya Idul Adha 1445 H.

Kepala Desa Manemeng, Jayadi, SH, menjelaskan bahwa ide iuran bulanan ini bermula dari keinginan untuk memperkuat rasa kebersamaan dan memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat.

“Kami sepakat untuk mengumpulkan iuran sebesar 100 ribu rupiah setiap bulannya dari semua aparatur desa, babinsa, dan bhabinkamtibmas. Tujuannya adalah untuk kegiatan sosial dan keagamaan, salah satunya adalah qurban,” katanya.

Pada Hari Raya Idul Adha 1445 H, dua ekor sapi yang dibeli dari hasil iuran ini disembelih sebagai bentuk qurban dari Pemdes Manemeng.

Pelaksanaan penyembelihan dilakukan dengan penuh khidmat dan dihadiri oleh banyak warga desa yang turut berpartisipasi dalam prosesi tersebut.

“Kegiatan ini tidak hanya sebagai bentuk ibadah, tetapi juga mempererat tali silaturahmi dan kebersamaan antar warga desa,” tambah Jayadi.

Selain dua ekor sapi dari aparatur desa, ada juga tambahan hewan qurban dari berbagai pihak, diantaranya satu ekor sapi dari Pemda, satu ekor sapi dari Polres, satu ekor sapi dari Ibu Daraiyah, satu ekor kambing dari Bapak Mon Indra sekeluarga, dan satu ekor kambing dari Bapak Supriadi sekeluarga.

“Alhamdulillah, dengan dukungan ini, jumlah hewan qurban yang disembelih bertambah dan semakin banyak warga yang bisa menikmati daging qurban,” tutur Jayadi.

Daging qurban kemudian didistribusikan kepada warga desa, terutama mereka yang kurang mampu. Jayadi menekankan bahwa pembagian dilakukan dengan adil dan merata.

“Kami pastikan bahwa daging qurban ini sampai ke mereka yang benar-benar membutuhkan, sehingga kebahagiaan dan keberkahan Idul Adha bisa dirasakan oleh semua warga Desa Manemeng,” ujarnya.

Jayadi mengapresiasi kerjasama dan dukungan dari semua pihak yang telah berpartisipasi dalam iuran bulanan ini. “Ini adalah bukti nyata bahwa dengan kebersamaan dan gotong royong, kita bisa melakukan hal-hal besar yang bermanfaat bagi masyarakat,” ucapnya, penuh bangga.

Kepala Desa Manemeng juga berharap tradisi baik ini bisa terus berlanjut. “Semoga ini menjadi contoh bagi kita semua bahwa dengan kebersamaan, kita bisa mencapai banyak hal. Insya Allah, tahun depan kita bisa berqurban lebih banyak lagi,” pungkas Jayadi. (Enk.Radio Arki)

Related posts

3.472 Personil TNI Polri Akan Amankan Event MotoGP Mandalika

ArkiFM Friendly Radio

Lesu, 42 Karyawan Hotel di KSB Dirumahkan

ArkiFM Friendly Radio

Manfaatkan Liburan Sekolah, Koramil Utan Rhee Ajak Siswa Bersihkan Pantai

ArkiFM Friendly Radio