TNI Membawa Konsep Budaya Dalam Harlah TNI ke 71   

0

Sumbawa Barat. Radio Arki- Tentara Nasional Indonesia memang cendrung didentikkan dengan bela Negara dan perjuangan fisik yang keras. Begitupun dalam beberapa kegiatan hari lahirnya, TNI kerap menghadirkan pertujukan yang menantang dan keras sehingga membuat para penonton gemetar dan segan. Berbeda dengan identitas itu, peringatan haril lahir TNI tahun ini di Sumbawa Barat justru akan membawa konsep budaya dan mengedepan kearifan dan seni budaya local.

Dikatakan, Kepala Koramil Taliwang, Kolonel Agus, SH, kepada www.arkifm.com, konsep seni budaya adalah pola yang tepat untuk memperkuat peran TNI dalam melakukan bela Negara.

“seni budaya itu sarana yang efektif untuk memperkuat konsep bela Negara. Untuk itu, kami ingin konsep itu ada dalam pegelaran perayaan Harlah TNI nanti di KSB,” terangnya.

Menurut agus, pendekatan konsep bela Negara saat ini memang cenderung melibatkan dan memperkuat kearifan lokal, Artinya perlu penguatan budaya dan adat istiadat setempat dalam memberikan pemahaman tentang pentingnya persatuan dalam NKRI. Dan hal itu juga terekam kuat dalam tema peringatan hari lahir TNI ke 71, secara nasional yaitu ‘Bersama Rakyat TNI Kuat, Hebat, Dan Profesional, Siap Mewujudkan Indonesia Yang Berdaulat,  Mandiri Dan Berkepribadian”.

”tema ini sangat dalam maknanya. Intinya TNI tidak boleh jauh dengan rakyat, sehingga harus paham adat istiadat setempat. Jadi kami harap kegiatan ini akan memperkuat hal tersebut,” harapnya.

Diakhir pernyataann, Agus, mengungkapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada pemerintah setempat dan masayarakat Sumbawa Barat, khususnya pemerintah kecamatan Brang Ene, yang telah memberikan kesempatan dan dukungan yang kuat untuk bisa menjadi tuan rumah dalam sejumlah even peringatan Harlah TNI ke 71 di Sumbawa Barat.

“terima kasih kami sampaikan (camat, dan masyarakat Brang Ene.red). semoga ini akan menjadi sinyal yang kuat bahwa Sumbawa Barat dan Brang Ene khususnya, adalah mitra strategis TNI yang kuat,” ujarnya dalam sambutan pembukaan kegiatan Lomba Budaya, di Mura, Kecamatan Brang Ene.

Dalam memperingati hari lahir TNI ke 71. TNI Sumbawa Barat akan menggelar beberapa lomba seni budaya, diantaranya adalah Lomba Ratub, Lomba Rantok, Loomba Begontong dan Barapan Kebo. Selain perlombaan, sejumlah kegiatan lainnya termasuk apel peringatan harlah TNI di KTC juga dilaksanakan dan melibatkan pimpinan daerah setempat. (AB-ArkiRadio)

Leave A Reply