Program Beasiswa LPDP Bakal Dipermudah Untuk Sumbawa Barat

0

Sumbawa Barat.Radio Arki-  beasiswa dari  Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) untuk perguruan tinggi kini akan dipermudah untuk Sumbawa Barat. Pasalnya, Sumbawa Barat akan melakukan kerjasama khusus dengan lembaga pemerintah pusat tersebut, agar kesempatan untuk program beasiswa itu bisa diakses dan didapatkan dengan mudah oleh mahasiswa setempat.

Dalam keteranngannya, wakil bupati Sumbawa Barat mengatakan, kerjasama itu telah lama dinegosiasikan, mengingat beasiswa dari lembaga dibawah kemeterian kuangan tersebut, cukup tinggi nominal dan item yang termasuk dalam tanggungan beasiswa tersebut.

“ini kesempatan. Kita sudah bangun ini sejak lama. Dengan ini Sumbawa Barat akan menjadi prioritas untuk mendapatkan bantuan tersebut,” terangnya, kamis 17/11 pagi tadi.

Model kerjasama tersebut, telah dilakukan dengan 7 daerah lainnya dan menjadi model efektif untuk peningkatan SDM, khususnya dunia pendidikan tinggi. Jadi Sumbawa Barat adalah daerah kedelapan yang melakukan kerjasama tersebut. dengan program kerjasama tersebut, maka kesempatan bagi mahasiswa Sumbawa Barat yang ingin melanjutkan kuliah, baik itu didalam negeri maupun didalam negeri akan lebih mudah.

“ini adalah ikhtiar kita (Pemda KSB) untuk peningkatan kapasitas generasi penerus. dengan ini maka kuliah di luar negeri ataupun di perguruan tinggi ternama dalam negeri bukan lagi mimpi dan sulit untuk diakses,” bebernya.

14955912_1841184046161339_3153510832037919247_nSeperti diketahui, LPDP adalah lembaga bentukan kementerian keuangan yang khusus untuk mengelola dana pendidikan dengan system program beasiswa dan penelitian. Selama program ini dilaksanakan sudah banyak mahasiswa yang terbantukan untuk mengeyam pendidikan tinggi di luar negeri dan dalam negeri. Ada persyaratan yang cukup ketat untuk bisa mendapatkan beasiswa ini dengan jalur umum, belum lagi system kompetisi yang sangat terbuka. Jadi dengan model kerjasama yang dibangun pemerintah daerah KSB dan LPDP, maka tentunya akan membuka kesempatan yang lebih luas, karena mahasiswa Sumbawa Barat akan menjadi prioritas sasaran program.

Dalam kerjasama tersebut, pemerintah daerah KSB akan melakukan penandatanganan MOU dengan direktur LPDP, dan dalam kesempatan yang sama direktur LPDP, Eko Prasetyo direncanakan akan melakukan sosialisasi langsung kepada peserta yang berminat, pada tanggal 20 november 2016 jam 10.30 wita, di Gedung Sekratariat Daerah KSB. Kegiatan itu juga akan disiarkan langsung melalui www.arkifm.com, sehingga bagi yang tidak bisa menghadiri kegiatan tersebut, bisa didengar melalui website atau aplikasi Radio Arki. (US-ArkiRadio)

 

 

 

Leave A Reply