ARKIFM NEWS

Kelurahan Arken Dicanangkan Sebagai Kampung Kuliner

Sumbawa Barat. Radio Arki – Kelurahan Arab Kenangan (Arken), Kecamatan Taliwang kini dicanangkan sebagai kampung kuliner oleh Pemerintah Daerah Sumbawa Barat. Penetapan kampung kuliner ditandai dengan pemukulan gong oleh Wakil Bupati Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin, ST didampingi ketua DPRD dan sejumlah kepala OPD di Sumbawa Barat, di areal pusat kegiatan pencanangan kampung kuliner Kelurahan Arken, Selasa (1/10).

Lurah Kelurahan Arab Kenangan, Erni Patriani, SE dalam laporannya mengatakan bahwa, pencanangan kampung kuliner berangkat dari semangat Sanitasi Total Berbasis Mayarakat (STBM) yang tengah giat digelorakan oleh Pemda KSB. Atas dasar semangat berSTBM inilah, pihak kelurahan Arken terus mendorong agar kebersihan wilayah menjadi skala prioritas yang terus didorong pihak kelurahan bersama komponen lainnya.

“Kegiatan yang kami laksanakan ini berangkat dari semangat berSTBM. Oleh karenanya, saya mengajak seluruh komponen masyarakat melaksanakan gotong royong secara rutin selama dua bulan ini,” terang lurah yang dikenal gesit ini.

Dirinya mengaku, awal dirinya masuk sebagai lurah di Kelurahan Arab Kenangan, kondisinya sangat kumuh. Bahkan, Kelurahan Arken masuk wilayah terkumuh di Sumbawa Barat. Karena kondisi tersebutlah, pihak Kelurahan Arken terus mendorong agar bisa merubah Arken menjadi lebih baik.

“Kami ingin merubah Kelurahan Arken ini menjadi bagian kota yang paling bersih di KSB,” imbuh lurah Arken disambut riuh tepuk tangan.

Selain terus mendorong agar kebersihan lingkungan menjadi prioritas, pencanangan kampung kuliner juga didasari kondisi pekerjaan masyarakat di Kelurahan Arab Kenangan yang hidup dari aktivitas jual beli atau berdagang.

“Kami telah mengunjungi masyarakat untuk bersilaturrahmi, dan Alhamdulillah hampir semua masyarakat berpenghasilan dari aktivitas jual beli atau pedagang. Hal tersebut juga yang mendorong keinginan kami untuk mejadikan kelurahan arken sebagai kampung kuliner,” tambah Lurah Erni

Sementara itu, Wakil Bupati Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin usai memantau stand kuliner masyarakat kepada sejumlah wartawan, menyampaikan apresiasinya kepada pihak Kelurahan Arab Kenangan yang berinisiasi menjadikan wilayah tersebut sebagai kampung kuliner. Oleh karenanya, Pemda KSB akan sangat mensupport hal tersebut.

“Kita akan support pelan pelan, mungkin lampu jalannya kita akan perbaiki, areal jalannya juga kita terus perbaiki. Selain itu, saya telah komunikasi dengan kepala balai jalan untuk kita support Kelurahan Arab Kenangan ini kita bangun supaya tidak kumuh lagi,” kata Wabup, didampingi Ketua DPRD KSB.

Pemda KSB, kata Wabup, terus berharap agar areal Kelurahan Arab Kenangan bisa menjadi areal yang lebih baik, dengan semangat anak mudanya, orang tuanya untuk membangun Arab Kenangan lebih asri.

“Kami bersama sama bersepakat untuk menetapkan kelurahan arken, khususnya di jalan cendrawasih untuk menjadi kampung kuliner. Kami memberikan kesempatan, yang terpenting mereka menjaga kebesihannya dengan senantiasa membuang sampah pada tempatnya,” tukas Wabup. (Enk. Radio Arki)

Related posts

Ini Pesan Suriyo Agung, Sprinter Dunia Untuk Atlit Di NTB

ArkiFM Friendly Radio

Gubernur NTB Dukung Program BPC Perhumas

ArkiFM Friendly Radio

Peduli Recovery Lombok, 100 Kedubes Untuk Indonesia Beri Bantuan

ArkiFM Friendly Radio

Leave a Comment