Serikat Pekerja/Buruh Jangan Sampai Dipecah Belah

0

Sumbawa Barat- Proses akuisisi saham PT Newmont kepada  PT AMI memang terbilang singkat. Berbagai persoalan yang sebelumnya dispkulasi, kini mulai bermunculan. Sebut saja, salah satunya adalah tentang ketenagakerjaan. Sejumlah serikat sampai saat ini masih memiliki pandangan atau keinginan yang berbeda terhadap pemilik perusahaan pertambangan. Dan hal itu, menurut hatta justru memperlemah kekuatan gerakan pekerja atau buruh di batu hijau.

Demikian ditegaskan, Muhammad Hatta, Senin 29/8 siang tadi, kepada media ini.

Menurut Hatta, semua serikat pekerja dan serikat buruh yang ada di batu hijau, atau khususnya PT Newmont harus  bisa duduk bersama dan menjaga kekompakkan, bukan justru menjaga egosentris kelompok. Tentu hal tersebut akan merugikan karyawan.

“saya yakin masih ada kesamaan keinginan dari setiap serikat. Jadi semestinya duduk bersama!, jangan sampai dipecah belah” tegasnya

DPRD dalam kapasitasnya, terang Hatta, telah memanggil pihak manajemen PT Newmont untuk mempeertanyakan skema yang akan diberikan kepada karyawan. Pastinya, DPRD ingin jangan sampai karyawan dirugikan dalam skema jyang ditawarkan.

“intinya harus rasional. PT Newmont harus memberikan kesan positif diakhir keberadaannya. Jangan ambil untung, terus pergi begitu saja.” tukasnya

“daerah harus dapat manfaat maksimal diakhir keberadaan Newmont. Karena selama ini Newmont telah mengeruk sumber daya alam atau kekayaan alam Sumbawa barat yang sangat banyak. Ingat!, itu tidak diperbaharui. Jadi kami ingin Newmont sadar akan hal tersebut,” tutup Hatta. (US-ArkiRadio)

Leave A Reply